HIDAYATUNA.COM – Hari Jumat adalah hari mulia, Imam Muslim, Abu Dawud dan An Nasa’i menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda “Sebaik-baiknya hari di mana matahari terbit adalah hari Jumat. pada hari itu Allah SWT menciptakan Adam, memasukkannya ke surga dan mengeluarkannya dari sana.” Dalam riwayat lain dinyatakan bahwa Hari Jumat adalah Sayyidul Ayyam/hari yang paling utama.

Dahulu, hari Jumat dinamai hari arubah kemudian diganti menjadi hari Jumat. kata ini seakar dengan Jama’ah (sejumlah orang yang berkumpul) karena itu hari ketika kaum muslim diwajibkan berkumpul untuk melaksanakan shalat berjamaah tertentu, yakni shalat Jumat.

Jama’ah dan berkumpul adalah salah satu keistimewaannya, dan seperti diketahui Rasulullah SAW memerintahkan kita untuk selalu berkumpul dan berjamaah. beliau bersabda, “Bantuan/berkat Ilahi bersama orang-orang yang berjmaah/berkumpul dalam kebaikan.”

Dengan demikian, hari Jumat dan malamnya penuh keberkahan, ia hendaknya dihormati dengan banyak beribadah dan berbdzikir. atau paling tidak dengan menghindari dosa dan kemungkaran. ia tidak mencekam kecuali bagi mereka yang durhaka. Demikian, Wallahu A’lam.

Prof. Dr. Quraish Shihab, LC., MA

Baca Juga :  Kunci dan Ciri Haji Mabrur