Cancel Preloader

Sayyidina Aisyah Bergelar Ummu Abdillah Meski Tak Punya Keturunan

 Sayyidina Aisyah Bergelar Ummu Abdillah Meski Tak Punya Keturunan

Ilustrasi/Hidayatuna

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Sayyidina Aisyah RA, salah satu istri yang sangat dicintai Rasulullah Saw merupakan Ummu Abdullah meski tidak memiliki keturunan. Mengapa demikian?

Masyarakat Arab dahulu sering menggunakan kunyah dengan julukan, seperti abu, abi, umm, atau ibnu. Kunyah merupakan tanda kehormatan dan juga kemuliaan.

Sayyidina Aisyah binti Abu Bakar selain memiliki kemuliaannya sendiri, oleh masyarakat Arab kala itu juga mendapat gelar kehormatan sebagai Ummu Abdullah.

Satu hari wajah Sayyidina Aisyah terlihat sedih dan murung karena kunyah dan ia tidak memiliki keturunan. Sayyidina Aisyah pun bercerita kepada Rasulullah bahwa setiap orang memiliki kunyah kecuali dirinya.

Kemudian Rasulullah bersabda dalam riwayat Abu Dawud dan Ahmad. Rasulullah memerintahkan Sayyidina Aisyah untuk menggunakan kunyah ummu Abdillah (ibunda Abdullah). Abdullah merupakan keponakan Sayyidina Aisyah.

Dahulu untuk mencurahkan perasaan keibuannya, Sayyidina Aisyah mengadopsi seorang anak laki-laki. Anak itu bernama Abdullah bin Zubair putra dari saudaranya yang bernama Asma binti Abu Bakar.

Itulah mengapa Sayyidina Aisyah kemudian diberi kunyah Ummu Abdillah yang berarti ibunda Abdullah. Sayyidina Aisyah juga mengadopsi Qasim bin Abdurrahman, putra Abdurrahman bin Abu Bakar. Aisyah pun mendapat julukan Ummu Abdurrahman.

Begitulah asal-muasal kunyah Ummu Abdillah yang disandang Sayyidina Aisyah Ra.

Redaksi

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

16 + twenty =