Cancel Preloader

Sayyidah Ummu Salamah, Wanita Cerdas Istri Rasulullah Selain Aisyah

 Sayyidah Ummu Salamah, Wanita Cerdas Istri Rasulullah Selain Aisyah

Sayyidah Ummu Salamah (Ilustrasi/Hidayatuna)

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Sayyidah Ummu Salamah memiliki sifat yang dermawan, wajahnya pun begitu cantik. Beliau juga dikenal sebagai sosok istri Nabi yang cerdas dan mengagumkan, selain Aisyah yang selama ini digadang-gadang sebagai istri Nabi yang paling cerdas.

Dilansir dari Republika.co.id, pakar Ilmu Tafsir Prof Quraish Shihab dalam buku Membaca Sirah Nabi Muhammad SAW menjelaskan. Bahwa kecantikan yang terpancar dari Sayyidah Ummu Salamah berasal dari kecantikan lahiriah dan batiniah.

Kecerdasan Sayyidah Ummu Salamah itu salah satunya bisa dilihat dari hadis yang diriwayatkan beliau. Sayyidah Ummu Salamah meriwayatkan hadis Nabi Saw baik langsung maupun tidak langsung.

Para pakar menyebut angka 378 hadis yang periwayatannya dilakukan oleh Sayyidah Ummu Salamah.

Selain cerdas, Sayyidah Ummu Salamah juga kritis. Beliau banyak bertanya, sebagian pertanyaan menjadi latar belakang turunnya beberapa ayat Alquran.

Wanita Cerdas Itu Penting

Itulah salah satu hikmah dari pernikahan Nabi, para istri termasuk Sayyidah Ummu Salamah turut pula merekam pengalaman dan pelajaran yang dapat dipetik dari Rasulullah Saw. Sehingga bisa sampai kepada umat Islam di jaman berikut-berikutnya seperti sekarang.

Lebih-lebih dalam hal-hal yang berkaitan dengan rahasia kehidupan rumah tangga yang diperlukan umat. Demikian halnya dengan rumah tangga Rasulullah bersama Sayyidah Ummu Salamah, sebab hal itu tidak dapat direkam oleh seorang atau dua orang istri.

Jadi tidak bisa dikatakan kalau Nabi beristri banyak karena menuruti hawa nafsu saja seperti kebanyakan sekarang ini. Nabi Saw memiliki kelebihan dibanding kita yang hanya manusia biasa.

Beliau Saw memang dipilih Allah SWT. untuk menyempuranakan akhlak manusia sehingga dengan menikah, Rasulullah Saw bisa menjadi teladan dalam rumah tangga.

Dengan demikian tidak ada lagi akhlak bangsa jahiliyah (jaman kebodohan) yang dilanggengkan baik oleh suami maupun istri di jaman kini. Masih banyak kompleksitas kehidupan dalam berumah tangga, hal itulah yang menjadi cerminan dalam diri Nabi Saw ketika menyikapi istri-istrinya.

Sayyidah Ummu Salamah adalah cerminan bagi wanita akhir jaman sekarang. Bahwa kecerdasan itu perlu, tidak hanya mengandalkan kecantikan fisih tapi juga dari dalam diri.

Redaksi

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

11 + six =