Santriwati Ini Sukses Produksi Mie Daun Kelor

 Santriwati Ini Sukses Produksi Mie Daun Kelor

Santriwati Asal Lamongan Ini Sukses Produksi Mie Daun Kelor Kaya Manfaat

HIDAYATUNA.COM, Lamongan — Selama ini tak banyak orang yang melirik tanaman herbal atau tumbuhan yang mempunyai kegunaan atau nilai lebih dalam pengobatan dijadikan sebagai olahan bahan makanan.

Tapi baru-baru ini, beberapa santriwati asal Lamongan mampu memproduksi mie herbal yang kaya akan manfaat bagi kesehatan dengan memanfaatkan jenis tanaman herbal daun kelor sebagai bahan utamanya.

Kreasi ini dilakukan oleh tiga santri SMK Bustanul Hikmah, Kecamatan Kembangbahu, Lamongan. Mereka membuat mie dengan memanfaatkan daun kelor sebagai bahannya.

Ketiga santriwati ini adalah Ninda Nur Safira, Aini Nurul Hidayah, dan Siti Maisyaroh. Salah satu santriwati yang menginisiasi eksperimen ini, Ninda Nur Safira menjelaskan alasan timnya menggunakan daun kelor sebagai bahan utama karena daun herbal ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

“Daun kelor selama ini dikenal sebagai daun yang banyak memiliki manfaat untuk kesehatan dan kebanyakan hanya dikonsumsi dalam bentuk sayuran,” kata dia, dikutip Sabtu (27/6/2020).

Ide awal pembuatan mie herbal ini lanjut Ninda, ketika ia banyak melihat pohon kelor tumbuh subur di sekitar pondok pesantren mereka. Muncullah ide untuk mencoba membuat mie dengan bahan utamanya adalah tanaman herbal.

“Berdasarkan literatur, daun kelor memiliki kandungan vitamin, gizi dan zat antioksidan. Fakta inilah yang kemudian kami kembangkan,” sambungnya.

Proses pembuatan mie berbahan herbal ini, menurut Ninda, cukup sederhana. Pertama, daun kelor yang masih segar dicuci bersih untuk selanjutnya dihaluskan mengunakan blender. Setelah halus, daun kelor tersebut kemudian dicampur dengan adonan tepung dan telur serta garam secukupnya hingga adonan mengental.

“Setelah mengental, adonan kemudian digiling menjadi mi. Dan mi yang sudah jadi kemudian dimasak di dalam air yang sudah mendidih selama lima menit,” jelasnya.

Untuk kualitas rasa lanjut dia, mie herbal bikinannya ini rasanya sama dengan mie-mie pada umumnya. Rasanya juga tetap enak dan gurih, renyah, serta tidak terasa kelornya. Istimewanya, mie ini tetap kaya akan kandungan vitamin dan gizi yang sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

seven + fifteen =