Salawat Agar Berkumpul dengan Orang Salih dan Berilmu

 Salawat Agar Berkumpul dengan Orang Salih dan Berilmu

Ilustrasi/Hidayatuna

HIDAYATUNA.COM – Syekh Kholil Bangkalan, ulama termasyhur dari Madura memiliki amalan salawat yang manfaatnya luar biasa. Bukan cuma dirasakan di dunia namun juga di akhirat.

Salawat karya Syekh Kholil ini berisi doa dan sering dibacakan para santri maupun masyarakat di musala dan masjid. Anda dapat menemukannya dalam kitab Ithaful Khillan.

Doa itu ialah agar menjadi orang-orang yang senantiasa berkumpul bersama orang-orang salih dan orang-orang yang berilmu. Baik secara lahir maupun batin. Inilah keutamaan mengamalkan salawat dari Syekh Kholil Bangkalan ini.

Berikut salawat Syekh Kholil beserta artinya:

ﺍَﻟﻠّٰﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﺻَﻠَﺎﺓً ﺗَﺠْﻌَﻠُﻨَﺎ ﺑِﻬَﺎ ﻣِﻦْ ﺍَﻫْﻞِ ﺍﻟْﻌِﻠْﻢِ ﻇَﺎﻫِﺮًﺍ ﻭَ ﺑَﺎﻃِﻨًﺎ ﻭَ ﺗَﺤْﺸُﺮُﻧَﺎ ﺑِﻌِﺒَﺎﺩِﻙَ ﺍﻟﺼَّﻠِﺤِﻴْﻦَ ﻓِﻲ ﺩُﻧْﻴَﺎﻧَﺎ ﻭَ ﺍُﺧْﺮَﺍﻧَﺎ ﻭَ ﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﻭَ ﺻَﺤْﺒِﻪِ ﻭَ ﺳَﻠِّﻢْ

Allohumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammadin Sholatan taj’aluna bia min ahlil ‘ilmi dhohiron wa bathinan wa tahsyuruna bi’ibadikas sholihina fi dunyana wa ukhrana wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallam

“Ya Allah berikanlah salawat dan salam kepada junjungan kita Sayyidina Muhammad Saw. Dengan salawat tersebut Engkau jadikan kami termasuk dari golongn ahli ilmu baik lahir maupun batin. Engkau kumpulkan kami bersama hamba-hamba-Mu yang salih. Baik di dunia maupun di akhirat dan atas para keluarganya dan para sahabatnya.”

Syekh Kholil Bangkalan  hidup antara abad ke-19 dan abad ke-20. Banyak ulama-ulama besar di Tanah Air yang memiliki sanad keilmuan kepada Syekh Kholil, termasuk pendiri Nahdlatul Ulama, KH Hasyim Asy’ari. Syekh Kholil memiliki nama lengkap Syekh Muhammad Kholil bin Abdul Lathif.

 

Sumber: Republika.co

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 + 7 =