Salat di Masjidil Haram Bisakah Mengganti Salat yang Terlewat?

 Salat di Masjidil Haram Bisakah Mengganti Salat yang Terlewat?

Salat di Masjidil Haram (Ilust/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM – Keutamaan salat di Masjidil Haram sangat besar, sebagaimana disebutkan dalam hadisImam Ahmad dan Imam Ibnu Majah. Nabi Saw bersabda, “Salat di Masjid Haram lebih utama daripada 100.000 salat di masjid lainnya.”

Redaksi hadis tersebut adalah sebagai berikut: 

عَنْ جَابِرٍ رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ :  صَلَاةٌ فِي مَسْجِدِي أَفْضَلُ مِنْ أَلْفِ صَلَاةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلَّا الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ ، وَصَلَاةٌ فِي الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ أَفْضَلُ مِنْ مِائَةِ أَلْفِ صَلَاةٍ فِيمَا سِوَاهُ 

“Diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah, Rasulullah Saw berkata, “Salat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama dari 1.000 kali salat di masjid selainnya, kecuali Masjidil Haram. Dan salat di Masjidil Haram, lebih utama 100 ribu kali lipat pahalanya dari salat di masjid lain.”   

Dengan besarnya pahala salat di Masjidil Haram ini apakah bisa mengganti salat-salat fardhu yang terlewat? Pahala dari salat di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi memang memiliki ganjaran yang besar dan lebih utama dari salat di tempat lain. Meski demikian, tidak bisa menggugurkan kewajiban mengganti salat yang ditinggalkan.

Menurut Penasihat fatwa Mesir, Majdi Ashour, antara amal dan pahala dari sebuah amal adalah berbeda. Ia menegaskan, meninggalkan salat fardhu secara sengaja adalah sebuah dosa besar dan harus segera memohon ampunan kepada-Nya.

Hal ini karena salat merupakan tiang agama. Allah SWT. berfirman: 

وَأَقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ وَٱرْكَعُوا۟ مَعَ ٱلرَّٰكِعِينَ

Artinya: “Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku.” (QS Al Baqarah 43). 

Dilansir dari Republika, anggota Fatwa Dar Ifta Mesir, Syekh Muhammad Wissam menyebut, jika seseorang merasa telah meninggalkan banyak salat fardhu selama bertahun-tahun, ia harus tetap menggantinya. Dia menyarankan untuk melakukan salat qadha atau pengganti setiap melaksanakan salat fardhu.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

twelve + 15 =