Sakeenah, Aplikasi Meditasi Muslim yang Berdasar Al-Quran dan Hadits

 Sakeenah, Aplikasi Meditasi Muslim yang Berdasar Al-Quran dan Hadits

Sakeenah, Aplikasi Meditasi Muslim yang Berdasar Al-Quran dan Hadits

HIDAYATUNA.COM – Meditasi sering kali menjadi pilihan bagi banyak orang untuk melepas penat, memperoleh ketenangan, mengurangi lelah dan juga stres. Meditasi juga dipercaya memiliki efek positif pada kesehatan mental, selain itu meditasi juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan fisik.

Sebuah pengembangan aplikasi di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), merilis aplikasi meditasi Muslim yang bernama Sakeenah yang berarti ketenangan. Aplikasi menyuguhkan ruang bagi umat Muslim untuk meningkatkan kesehatan mental melalui serangkaian meditasi yang terbimbing.

Dilansir dari The National, meditasi yang disuguhkan dalam aplikasi itu antara lain untuk bertujuan menangani depresi, kegelisahan dan kurang tidur hingga mengatasi masalah emosional semisal berhubungan dengan kesedihan dan kehilangan.

Untuk menggunakan aplikasi tersebut, umat Muslim tidak perlu khawatir karena setiap layanan meditasi dibuat dengan mempertimbangkan sumber Alquran, hadis, dan literatur Islam dengan masukan dari pembimbing dan cendekiawan dari seluruh dunia.

Aplikasi ini menawarkan sesi meditasi bagi pemula berlangsung selama lima sampai sepuluh menit. Sedang untuk sesi yang lebih lama bagi orang yang sudah mahir dalam latihan.

Pihak pengembang aplikasi tersebut mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan berbagai pengembangan, seperti pilihan bahasa agar aplikasi tersebut dapat digunakan oleh masyarakat secara lebih luas lagi.

“Sakeenah pada akhirnya bertujuan untuk menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari semua anggota keluarga Muslim. Menawarkan konten yang ditujukan bagi semua kelompok umur. Kami akan segera mengenalkannya dengan lebih banyak bahasa untuk meningkat jangkauan dan beberapa inovasi akan segera diluncurkan,” kata Kepala Bagian Operator Sakeenah, Muhammad Naeem Malik, dikutip hidayatuna.com, Jumat (3/7/20).

Aplikasi itu sekarang sudah tersedia dan dapat diunduh di iOS dan Android. Aplikasi itu menawarkan uji coba gratis selama tujuh hari bagi penggunanya yang kemudian akan beroperasi pada layanan berlangganan dengan biaya 5 dolar per bulan.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

sixteen − 2 =