Ribuan Warga Berdesakan Padati Ponpes Al-Anwar Untuk Salat Ghaib

 Ribuan Warga Berdesakan Padati Ponpes Al-Anwar Untuk Salat Ghaib
Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Ribuan warga masyarakat memadati kompleks Pondok Pesantren, atau Ponpes Al-Anwar, Karangmangu, Sarang, Rembang dan gang-gang perkampungan di sekelilingnya, Selasa (6/8/2019).

Mereka adalah para pelayat yang hendak menunaikan salat ghaib untuk Almarhum KH Maimoen Zubair. Salat ghaib dilaksanakan di musala pondok, sementara masyarakat dan para santri berimpitan hingga ke gang-gang kampung. Mereka mengantre, menunggu giliran untuk menunaikan salat ghaib.

Ditemui selepas menunaikan salat gaib, Taj Yasin Maimoen, satu di antara putra Mbah Moen mengatakan, pelayat masih terus berdatangan ke Ponpes Al-Anwar. Selagi masih ada yang datang, mereka dipersilakan untuk membentuk jamaah sendiri dan menunaikan salat gaib.

“Sebelum magrib tadi ada tahlilan, lalu salat magrib berjamaah. Setelah itu dilanjutkan Yasinan dan salat gaib. Karena banyaknya antrean pelayat dan keterbatasan tempat, salat ghaib dilaksanakan bergelombang seusai salat magrib berjamaah. Setiap kali satu gelombang jamaah usai menunaikan salat gaib, mereka segera mengantre untuk bersalaman dengan keluarga Mbah Moen di ndalem (kediaman) keluarga almarhum KH Maimoen Zubair yang letaknya berhadapan dengan musala pondok. Tadi kakak saya Gus Najih (KH Muhammad Najih Maimoen) yang mengimami. Kemudian setelah itu tamu (pelayat) masih berdatangan,” ucap pria yang akrab disapa Gus Yasin ini.

Menyadari terbatasnya tempat dan banyaknya pelayat yang terus berdatangan, Gus Yasin mempersilakan mereka untuk membuat jamaah salat gaib dan tahlil sendiri. “Insya Allah, kami persilakan sampai kapan pun selesainya. Ini juga Bu Khofifah (Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur) sedang perjalanan ke sini,” tambah Wakil Gubernur Jawa Tengah ini.

InsyaAllah, lanjut Gus Yasin mulai besok (hari ini-red) setelah Isya akan ada tahlilan dan yasinan di Ponpes Al-Anwar. Sementara itu, ia dan kakaknya, Gus Kamil, akan menyusul ke Mekkah untuk menemani ibunda yang tengah menunaikan haji.

(wartaphoto.net)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

sixteen − fifteen =