Kabar Nasional

Relawan Askar Kauny Lakukan Pengadaan 10 Ribu Al-Quran Untuk Masjid Terdampak Banjir

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Relawan dari Askar Kauny upayakan pengadaan 10 ribu Al-Quran bagi masjid atau mushola terdampak banjir di wilayah Jabodetabek. Banjir yang melanda di awal 2020 itu selain menyisakan duka bagi para korban, juga menghanyutkan serta merusak mushaf-mushaf Al-Qur’an di sejumlah masjid.

Direktur Program Askar Kauny, Hilal Achmad, mengatakan Askar Kauny juga menyediakan trauma healing bagi korban banjir, terutama anak-anak dengan menyiapkan guru ngaji yang akan mengajar para korban banjir. Dengan belajar Al-Qur’an, kata dia, diharapkan trauma anak-anak bisa segera pulih.

Dari pengalaman kami di berbagai wilayah bencana, metode belajar Al-Quran dengan cara menyenangkan yang kami terapkan, membuat anak-anak segera pulih dari trauma pascabencana,” ungkapnya dalam siaran pers dikutip Sabtu (11/1/2020).

Ia menjabarkan pada fase tanggap darurat, ia dan tim relawan Askar Kauny membantu melakukan evakuasi dan pemberian makanan siap saji, obat-obatan, kebutuhan bayi, dan kebutuhan mendesak pengungsi lainnya. Selain itu, relawan Askar Kauny juga membantu membersihkan rumah warga serta masjid dan musola yang terdampak banjir.

Selain memberikan bantuan makanan dan logistik bagi korban bencana, Askar Kauny juga menggalang bantuan penyediaan Al-Quran dan sajadah bagi masjid atau musala terdampak banjir. “Dari sana (musibah banjir) kami temukan fakta, ternyata sajadah dan Al-Quran banyak sekali yang rusak atau hilang terbawa banjir,” kata Hilal.

“Dari pengalaman kami di berbagai wilayah bencana, metode belajar Al-Quran dengan cara menyenangkan yang kami terapkan, membuat anak-anak segera pulih dari trauma pascabencana,” pungkasnya.

Baca Juga :  Soal Corona, Abdul Mu'ti: Lebih Baik Fokus Penanganan Dari Pada Isu Konspirasi
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close