Reaksi Abdullah bin Umar Mendengar Azan Berkumandang di Pasar

 Reaksi Abdullah bin Umar Mendengar Azan Berkumandang di Pasar

Asal Mula Azan (Ilustrasi/Hidayatuna)

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Abdullah bin Umar, salah seorang sahabat Nabi Muhammad sedang berada di pasar. Tak lama kemudian tibalah waktu salat. Pedagang yang ada di pasar tersebut pun menutup semua tokonya untuk melaksanakan ibadah atau menghormati yang beribadah.

Abdullah bin Umar pun berkata sembari mengutip sebuah surah dalam Alquran. “Mereka adalah orang-orang yang difirmankan Allah: ‘Laki-laki yang perniagaan dan jual beli mereka tidak melalaikan mereka dari mengingat Allah, dan dari mendirikan salat, dan berzakat. Mereka takut kepada suatu hari yang hati dan penglihatan menjadi goncang.” (QS An-Nuur:37).

Abdullah bin Abbas lalu berkata, “Mereka sangat sibuk dengan perdagangan dan jual beli, tetapi jika terdengar suara azan, mereka segera meninggalkannya dan pergi ke masjid.”

Abdullah bin Abbas juga berkata, “Demi Allah, mereka adalah para pedagang, tetapi perdagangan mereka tidak melalaikan mereka dari mengingat Allah.”

Suatu ketika, Abdullah bin Mas’ud pergi ke pasar, lalu terdengarlah azan. Ia melihat setiap orang meninggalkan barangnya dan bersegera ke masjid.

Ia berkata, “Mereka inilah orang yang telah difirmankan Allah, “Laki-laki yang perniagaan dan jual beli mereka tidak melalaikan mereka dari mengingat Allah, dari mendirikan shalat dan berzakat.” (QS: An-Nuur:37).

Begitulah reaksi Ibnu Umar ketika mendengar azan saat berada di pasar. Semoga kita pun demikian, dapat meninggalkan apa pun aktivitas dunia untuk segera beribadah kepada-Nya.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

5 × five =