Ratusan Ribu Jamaah ikuti Shalat Jumat Perdana di Masjid Nabawi

 Ratusan Ribu Jamaah ikuti Shalat Jumat Perdana di Masjid Nabawi
Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Setelah sebelumnya ditutup akibat wabah virus corona, Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi pada Jumat kemarin (5/6) dibuka kembali.

Dalam salat Jumat perdana di masjid tersebut ratusan ribu jamaah membanjiri area masjid.

Hal itu disampaikan langsung oleh otoritas resmi yang bertanggungjawab atas Masjid Nabawi sebagaimana laporannya melalui akun Twitter resminya.

“Pada hari Jumat kemarin, umat muslim berduyun-duyun ke masjid di Arab Saudi untuk menunaikan salat Jumat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan ketat. Setiap jamaah diharuskan membawa sajadah sendiri dan menjaga jarak,” tulis laporan Gulfnews dikutip Okezone, Sabtu (6/6/2020).

Sementara itu, Menteri Urusan Islam dan Panggilan Shaikh abdul Latif Bin Abdul Aziz telah menginstruksikan agar adzan dan shalat dipersingkat menjadi 10 menit.

“Kementerian telah membuat kebijakan terkait salat berjamaah di masjid-masjid. Di antaranya membuka masjid 15 menit sebelum adzan dan menutupnya 10 menit setelah akhir sholat dengan interval antara adzan dan awal sholat dipersingkat menjadi 10 menit,” ungkap Abdul Latif Bin Abdul Aziz.

Para jamaah lanjut dia, dipisahkan dengan jarak dua meter sementara anak-anak di bawah 15 dilarang ikut ke masjid sebagai tindakan pencegahan.

Sebagai informasi, pada Ahad lalu pemerintah Arab Saudi membuka kembali semua masjid untuk kegiatan ibadah. Kecuali di Kota Makkah sebagai bagian dari rencana kerajaan untuk secara bertahap kembali ke kehidupan normal.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

fifteen − 7 =