Warning: sprintf(): Too few arguments in /home/u7096914/public_html/wp-content/plugins/wp-user-avatar/includes/class-wp-user-avatar-functions.php on line 668
Cancel Preloader

Rakhia Ismail, Muslimah Pertama yang Jadi Walikota Inggris

 Rakhia Ismail, Muslimah Pertama yang Jadi Walikota Inggris
Digiqole ad


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Kiprah umat muslim di Eropa terus menunjukkan eksistensinya. Salah satunya berkat kiprah seorang muslimah yaitu Rakhia Ismail.

Ia adalah perempuan yang menjadi walikota Inggris. Terpilihnya Rakhia Ismail ini menjadi sejarah penting bagi negeri berjuluk tanah Ratu Ellisabeth.

Bagaimana tidak, Rakhia Ismail adalah satu satunya muslimah pertama yang berhasil menduduki posisi sebagai walikota Inggris. Itu artinya, kiprah muslimah di Inggris cukup menonjol.

Dirinya resmi terpilih menjadi walikota Inggris pada 2019 lalu. Di dunia kepemimpinan, peremuan berhijab ini sebelumnya pernah anggota konsil pada 2012 dan pernah  menjabat sebagai deputi mayor pada 2018.

“Walikota memberi banyak pengalaman yang sangat menarik. Pengalaman ini juga memperkuat diri dan masyarakat khususnya kelompok minoritas,” kata Rakhia Ismail dikutip dari BBC, Sabtu (13/6/2020).

Ia mengaku senang dan tersentuh atas respon masyarakat Inggris kepada dirinya. “Pesan dan harapan yang saya terima dari masyarakat lokal sangat menyentuh,” sambungnya.

Perempuan yang namanya kerap ditulis sebagai Cllr Rakhia Ismail, dengan Cllr merupakan kepanjangan dari councillor ini mengatakan ia tergerak terjun ke dunia politik lantaran melihat kondisi masyarakat semakin meprihatinkan.

“Kondisi ini menyebabkan perhatian dari masyarakat semakin besar. Kita juga punya ideologi, yang artinya ada yang bisa diberikan pada masyarakat selain hijab sebagai penutup kepala,” ujarnya.

Sebagai informasi, pada 1980-an, Rakhia Ismail melakukan imigrasi dari Somalia ke Inggris. Setelah 40 tahun lamanya, kini dirinya menjadi walikota muslimah pertama di Inggris.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

20 + fifteen =