Quraish Shihab Beri Pesan Pemuda Galau Soal Masa Depan

 Quraish Shihab Beri Pesan Pemuda Galau Soal Masa Depan

Quraish Shihab (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Pemuda tentu tidak luput dari berbagai masalah, terutama keresahan menentukan masa depan. Cendekiawan Muslim Indonesia, M Quraish Shihab menyoroti permasalahan itu.

Dia mengungkapkan bahwa dalam menjalani hidup, seorang pemuda harus tetap optimis. Sebab dalam Islam sudah ada rumus usaha, yaitu setiap ada satu kegagalan, maka akan lahir dua kesuksesan.

“Jangan pernah pesimistis dalam hidup, apalagi masih muda,” kata Quraish Shihab dalam tayangan video bincang santai di kanal YouTube Najwa Shihab, dikutip Senin (21/2/2022).

Ulama alumnus Al-Azhar Kairo Mesir itu mengutip ayat Al-Quran surat Al-Insyirah ayat 5 yang artinya, “Karena sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan.”

Selanjutnya, penulis Tafsir Al-Misbah itu juga berpesan kepada anak muda agar bisa mentoleransi diri, yaitu sikap menerima capaian atas suatu usaha.

Sebab, sikap demikian akan mengurangi rasa takut dan kecewa dalam diri. Seperti seorang mahasiswa yang menginginkan memperoleh nilai cumlaude tapi tidak tercapai.

Selain itu, dia juga menyampaikan, ketika sebuah target belum tercapai, bukan berarti hal itu sebuah kegagalan dan akhir dari semua. Akan tetapi, proses untuk mencapai tujuan. Ibarat seorang pendaki gunung, sebelum sampai ke puncak, terlebih dulu ia melewati lereng.

“Jadi, optimisme harus selalu ada. Begitu putus optimisme, tidak ada artinya hidup ini,” tandasnya.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *