Qatar dan Turki Jalin Kejasama Stabilkan Afghanistan

 Qatar dan Turki Jalin Kejasama Stabilkan Afghanistan

Qatar dan Turki Jalin Kejasama Stabilkan Afghanistan (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Doha – Qatar akan melakukan kerjasama dengan Turki dan pejabat Taliban untuk memastikan bahwa bandara internasional Kabul, kembali diambil alih oleh Taliban. Menteri Luar Negeri (Menlu) Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani mengatakan hal itu dalam konferensi pers di Doha pada Senin (6/12).

Sheikh Mohammed menegaskan tentang posisi negaranya dalam menangani situasi di Afghanistan. Ia mengatakan bahwa Doha akan terus berupaya membangun ekonomi dan kemanusiaan di negara yang dilanda konflik itu.

Ia berbicara kepada wartawan bersama Menlu Turki Mevlut Cavusoglu setelah kedunya bertemu sebagai bagian dari Dialog Strategis Qatar-Turki tahun ketujuh.

Pertemuan ini sendiri sudah diketauhi Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani.

Kemudian dilakukan penandatanganan MoU pada hari Selasa (7/12/2021) di berbagai bidang termasuk militer, kesehatan, pariwisata, dan sektor pendidikan.

Cavusoglu mengatakan Turki berusaha bekerja untuk “perdamaian dan stabilitas” di Afghanistan ketika dia mendesak masyarakat internasional untuk terlibat dalam dialog dengan Taliban dan meminta mereka untuk “membedakan” antara sisi politik dan kemanusiaan.

“Inilah yang telah kami lakukan karena warga Afghanistan sangat membutuhkan uluran tangan,” katanya.

“Turki bekerja sama dalam menawarkan bantuan kemanusiaan dan memastikan bandara Kabul tetap buka,” tambahnya.

Qatar dan Turki memiliki hubungan yang kuat dan strategis di tingkat politik, ekonomi, dan militer.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

12 − ten =