Pray For Lebanon, Ledakan Dahsyat Guncang Beirut

 Pray For Lebanon, Ledakan Dahsyat Guncang Beirut

Pray For Lebanon Ledakan Dahsyat Guncangan Berikut


HIDAYATUNA.COM, Lebanon – Pray for Lebanon. Sebuah ledakan maha dahsyat mengguncang kota Beirut, pada Selasa petang 4 Agustus 2020 pukul 7 malam. Ledakan berasal dari gudang penyimpanan di pelabuhan.

Dimana sejumlah bahan kimia yang ada di gudang meledak. Ledakan menyebabkan guncangan atau gempa dahsyat di Lebanon. Bahkan suara dentumannya terdengar hingga ke negeri tetangga.

National News Agency melaporkan bahwa gudang penyimpanan di pelabuhan Beirut mengalami kebakaran dan memicu ledakan. Sebelum terjadi ledakan beberapa orang merekam asap yang membumbung tinggi.

Tak lama berselang disusul dengan suara dentuman keras bersamaan munculnya asap. Secara cepat kepulan asap menyebar ke jalanan dan gedung di sekitar lokasi ledakan.

Ledakan dahsyat ini menyebabkan 73 orang meninggal dunia di tempat. Dan menyebabkan 3.700 orang mengalami luka luka parah. Hal ini sebagaimana laporan AFP.

Insiden naas ini membuat Wali Kota Beirut, Marwan Abboud tak kuasa menahan tangisnya. Ia mengaku tak tahu menahu penyebab ledakan dahsyat tersebut. Ia menyebut ledakan ini adalah sebagai sebuah tragedi.

Sementara itu, Perdana Menteri Lebanon, Hassad Diab, memberikan pidato di TV nasional pada Selasa malam. Ia menyebut tragedi ini sebagai bencana nasional, serta meminta bantuan dari dunia internasional.

PM Diab turut mengungkap fakta bahwa gudang penyimpanan itu sudah ada sejak 2014. Investigasi akan dilakukan untuk mencari siapa yang bertanggung jawab. Ia menyebut ada sekitar 2,750 ton amonium nitrat yang ada di gudang penyimpanan tersebut.

Sedangkan pihak militer Lebanon, Mayor Jenderal Abbas Ibrahim membenarkan bahwa gudang penyimpanan itu menampung bahan peledak yang disita oleh pemerintah bertahun-tahun lalu. Ia menolak menyebut bahan apa yang meledak itu.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

7 + 1 =