Praktikkan Doa Ini Agar Anda Terlepas dari Sulitnya Hutang

 Praktikkan Doa Ini Agar Anda Terlepas dari Sulitnya Hutang

Doa membayar hutang (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM – Perkara hutang barangkali hampir setiap umat menanggungnya di dunia ini. Jangan sampai ketika kita dibangkitkan di akhirat kelak masih dimintai pertanggungjawaban atas hutang yang belum tuntas atau melunasi hutang selama hidup di dunia.

Hutang umumnya dilakukan karena kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi. Meski mencoba dan berusaha sekuat jiwa untuk tidak berhutang, ada saat-saat tertentu manusia sangat membutuhkannya.

Sebagai makhluk sosial tentu hutang menjadi bukti betapa sederhananya cara menolong sesama. Dengan memberi pinjaman kepada saudara, selain kita memudahkan peminjam, Allah Swt. pun akan memberikan ganjaran-Nya kepada kita pemberi pinjaman.

Namun bagi si peminjam, jika tidak berhati-hati dan menepati janji melunasi hutang, tentu ini akan menjadi bom waktu. Bahkan bisa sampai masuk bui hanya karena urusan hutang piutang.

Apalagi sekarang untuk berhutang semakin mudah, dengan bantuan pinjaman online yang tentu mengandung riba sangat mengerikan. Banyak kasus yang dapat kita ambil sebagai pelajaran, terkait hutang yang tak kunjung lunas hingga merenggut nyawa bahkan. Naudzubillah.

Doa Agar Terlepas dari Jeratan Hutang

Anda wajib melunasi hutang yang masih tertinggal, jika si pemberi pinjaman belum bisa mengikhlaskan uangnya. Namun bagaimana jika kita sudah berusaha sekuat tenaga namun hutang tak kunjung terbayar?

Praktikkanlah doa melunasi hutang ini agar Anda segera terlepas dari sulitnya hutang:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْمَأْثَمِ وَالْمَغْرَمِ

Allahumma inni a’udzu bika minal ma’tsami wal maghrom

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari berbuat dosa dan sulitnya utang. (HR. Bukhari no. 2397 dan Muslim no. 5)

Tentu doa melunasi hutang tersebut tidak akan sempurna tanpa usaha yang kuat, yakni usaha untuk melunasi hung dan tidak mengulangi berhutang. Selain berdoa, lakukan sedekah tanpa pamrih.

Lakukan amalan sedekah ini secara terus-menerus meski dalam jumlah kecil. Sebab Allah tidak melihat besar atau kecil yang Anda berikan. Dia Maha mengetahui kedalaman hati Anda.

Sedekah ini selain dapat menjaga harta kita, juga dapat menjadi amalan untuk memperoleh umur panjang, menambah rezeki, dan menghindarkan kita dari bala bencana maupun kesulitan seperti hutang dan sebagainya.

 

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

twelve + seven =