Cancel Preloader

Popular di Eropa, Begini Tata Cara Sujud Syukur

 Popular di Eropa, Begini Tata Cara Sujud Syukur

sujud syukur

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Selebrasi kemenangan atau gol dengan bersujud di Eropa mulai popular sejak para atlet Muslim seperti Khabib dan Mohamed Salah mempraktikkannya. Bahkan cara perayaan keduanya ini banyak diikuti oleh para penggemar mereka yang non Islam. 

Perilaku sujud para atlet Muslim ini sebenarnya bukan sekadar gaya selebrasi saat mendapat kemenangan atau kesenangan.

Umat Islam mengenalnya sebagai sujud syukur yang dianjurkan Nabi Muhammad saat mendapatkan kesenangan atau nikmat Allah SWT. Rasullullah SAW bersabda:

عَنْ اَبِى بَكْرَةَ اَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ اِذَا أّتَاهُ اَمْرٌ يَسَّرَهُ اَوْ بُشِّرَبِهِ خَرَّسَاجِدًا شُكْرًالِلَّهِ تَعَالَى 

Artinya :“Dari Abu Bakrah, sesungguhnya Rasulullah SAW apabila mendapat sesuatu yang menyenangkan atau diberi khabar gembira segeralah tunduk sujud sebagai tanda syukur kepada Allah SWT.” (HR Abu Dawud dan at-Turmudzi)

Kesenangan Mohamed Salah saat mencetak gol, kemenangan Khabib Nurmagomedov di UFC atau kesenangan seperti mendapat kabar kehamilan, sembuh dari penyakit, menemukan benda hilang hingga selamat dari bahaya bisa menjadi alasan pelaksanan sujud syukur.

Mensyukuri Nikmat Allah

Ibadah ini seyogianya dilakukan Muslim karena mensyukuri nikmat Allah adalah bentuk ketaatan kita kepada Allah. Mensyukuri nikmat juga akan menghindari kita dari siksaan Allah.

Allah berfirman:

 وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ

Artinya: “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”

Tata Cara Sujud Syukur

  1. Berwudhu
  2. Berdiri menghadap kiblat
  3. Membaca niat sujud syukur seperti di bawah ini:
    Nawaitu sujudas syukri Lillahi Ta’aalla
    Artinya: ” Saya niat sujud syukur karena Allah Ta’aalla”
    Bacaan niat sujud syukur tersebut bisa dibaca di dalam hati atau diucapkan secara lirih lewat mulut. Sebenarnya bagian membaca niat sujud syukur ini tidak terlalu penting. Sebab tidak ada dalilnya atau dicontohkan oleh Rasulullah SAW.
  4. Melakukan gerakan takbiratul ihram
  5. Melakukan gerakan sujud syukur satu kali
  6. Membaca doa sujud syukur saat dalam posisi masih sujud
  7. Duduk seperti duduk di antara dua sujud
  8. Mengucapkan salam seperti orang selesai sholat

Bacaan Doa  Saat Sujud

Tentang bacaan doa sujud, kita boleh membaca doa sujud apa saja. Berikut ini beberapa bacaan doa sujud syukur yang bisa diamalkan ketika sujud.

  • Membaca tasbih, tahmid, dan tahlil

Subhaanallohi walhamdulillaahi walaa ilaaha illalloohu walloohuakbar, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘azhiim

Artinya: ” Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, tiada daya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah Yang Maha Tinggi, Maha Agung.”

  • Membaca doa sujud syukur

Sajada wajhi lilladzi khalaqahu, wa syaqqa sam’ahu wa basharahu, bihawlihi wa quwwatihi, fatabarakallahu ahsanul khaliqin

Artinya: ” Aku sujudkan wajahku kepada yang menciptakannya, membentuk rupanya, dan membuka pendengaran serta penglihatan. Maha Suci Allah sebaik-baik pencipta.”

  • Membaca Surat An-Naml ayat 19

Robbi auzi’nii an asykuro ni’matakallatii an’amta ‘alayya wa’laa waalidayya wa-an a’mala shoolihan thardoohu wa adkhilnii birohmatika fii ‘ibadikash shoolihiin

Artinya: ” Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan untuk mengerjakan amal shalih yang Engkau ridhai dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.”

Itulah tata cara sujud syukur dan bacaan doa saat sujud syukur lengkap yang kini turut popular di Eropa.

Pipit Enfiitri

Pipit Enfiitri

https://hidayatuna.com/

Suka menulis hal-hal random yang dekat dengan dirinya.

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 × 3 =