KabarKabar Internasional

Pilpres 2020: Suara Umat Islam AS Punya Peran Strategis

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Dalam Pilpres 2020 AS, umat Islam di negeri Paman Sam tersebut menemukan momentum.

Dimana suara umat muslim di AS pada pemilu kali ini mempunyai peran strategis dalam ikut serta menentukan calon pemimpin negeri adidaya tersebut.

Sebuah surat kabar luar negeri, Al-Jazeera menjelaskan, banyak umat Islam diprediksi akan memilih Joe Biden dibanding Donald Trump.

Bahkan seorang muslimah AS bernama Fatima Salman (43 tahun) secara terang-terangan mendukung Joe Biden sebagai pemimpin AS.

Fatima sendiri merupakan Muslim Amerika dari Detroit, Michigan. Kenapa mendukung Biden?

Hal ini dikarenakan capres dari Partai Demokrat ini dinilainya memiliki keberpihakan lebih baik kepada komunitas muslim, dibanding Trump.

“Saya memiliki tiga anak dan saya khawatir tentang masa depan mereka jika Trump terpilih kembali. Ini masalah eksistensi kita sendiri,” kata Fatima dikutip Jumat (16/10/2020).

Dalam posisi seperti inilah, sejumlah pengamat menilai umat muslim di AS memilki peran strategis.

Bukan tidak mungkin, seluruh komunitas muslim di negeri Paman Sam akan menyumbangkan suaranya kepada rival Trump yakni Biden.

Data menyebutkan, saat ini ada sekitar 3,45 juta Muslim di AS. Meski demikian, konsentrasi mereka terdapat di negara bagian penting dalam pertarungan pemilu.

Di negara-negara bagian seperti Michigan, Florida, Wisconsin, dan Pennsylvania suara umat Islam sangat berpengaruh.

“Taruhannya sangat tinggi di Michigan, negara bagian dengan 270 ribu pemilih Muslim terdaftar. Hillary Clinton, pada 2016, kalah dari Trump dengan kurang dari satu poin,” kata Direktur Pelaksana Emgage Mohamed Gula. 

Emgage adalah sebuah kelompok advokasi Muslim AS. “Ketika berbicara tentang nilai suara Muslim, kami dapat dengan mudah mengubah pemilihan,” kata Gula.

Kecenderungan Muslim memilih calon yang memperhatikan perawatan kesehatan, pendidikan, dan reformasi peradilan pidana. (Hidayatuna/Mk)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close