Kabar Nasional

Pesan Gus Baha untuk Orang yang Sering Gelisah, Susah dan Sambat


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Apakah Anda termasuk orang yang saat ini sedang berada dalam zona kehidupan yang selalau dihinggapi rasa gelisah, susah dan sambat? Mungkin pesan dari ulama ‘alim Gus Baha atau KH Ahmad Bahauddin Nursalim ini bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam sebuah potongan video ngaji Gus Baha yang diunggah akun fanpage Facebook, Ngaji Tasawuf menayangkan pesan Gus Baha untuk orang-orang yang sering merasa gelisah, susah dan sambat dalam menjalani hidup ini.

“Ingat-ingat ya? Pokoknya sifatnya orang-orang baik yang di Qur’an itu kita belajari, lalu kita tiru. Misalnya sifat orang baik termasuk yang ndak pernah punya rasa takut, ndak punya rasa gelisah itu harus kita tiru,” kata Gus Baha dikutip Hidayatuna.com, Rabu (1/7/2020).

Menurut Gus Baha, orang yang terus-terusan membiarkan rasa gelisah dalam hidupnya, maka lama-lama ia akan menimbulkan rasa tidak syukur. Untuk itu, rasa gelisah ini kata Gus Baha harus dilawan dengan memaksa diri untuk selalu ceria dan bahagia.

“Karena kalau kita punya rasa gelisah itu, biasanya lama-lama tidak ridho pada qada’ qodar. Jadi harus ceria,” ujarnya.

“Lo, saya sebagai manusia sering susah. Tapi saya paksa. Susah itu saya hilangkan. Karena kalau saya rasakan susah terus, lama-lama saya gak ridho sama qada’ qodar. Makanya saya paksa seneng. Kalau sudah terbiasa, lama-lama nanti tidak bakal merasa susah,” sambungnya.

Sebagai informasi, Gus Baha adalah sosok ulama muda yang memiliki tingkat keilmuan yang tinggi. Bahkan ahli tafsir al-Quran, Prof Quraish Shihab memuji Gus Baha karena mampu menguasai detail tafsir al-Quran berikut fikihnya.

Pengakuan serupa juga sempat dilontarkan Ustadz Adi Hidayat dan Ustadz Abdul Somad mengenai kealiman dari sosok Gus Baha.

Baca Juga :  PMAC: Gembleng Santri-Santrinya Jadi Dai dan Muslim yang Toleran

Sebagai seorang ulama yang ‘alim, Gus Baha selalu berpenampilan sederhana. Ia hanya mengenakan kemeja lengan panjang putih polos dan kopiah hitam yang sederhana pula. Gus Baha adalah sosok ulama yang kajian-kajiannya banyak disukai umat.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close