Pertama dalam Sejarah, Skotlandia Dipimpin Seorang Muslim

 Pertama dalam Sejarah, Skotlandia Dipimpin Seorang Muslim

Kisah Eks Rohaniawan Asal Kanada Masuk Islam (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Skotlandia berhasil mencatatkan sejarah baru, setelah Humza Yousaf resmi terpilih sebagai pemimpin tertinggi di negara tersebut. Ia menggantikan Perdana Menteri Nicola Sturgeon yang sebelumnya mengundurkan diri.

Humza Yousaf terpilih menjadi pemimpin Skotlandia pada Senin, 27 Maret 2023 setelah meraih 52 persen suara dalam pemilihan Partai Nasional Skotlandia (SNP).

Dengan raihan tersebut Yousaf berhasil mencatatkan sejarah besar di negara tersebut sebagai satu-satunya pemimpin dari muslim. Selain itu ia juga menjadi pemimpin termuda negara tersebut di usia 37 tahun.

Dilansir dari CNN Indonesia, dalam kepemimpinannya, Yousaf mengaku akan membawa Skotlandia merdeka dengan menyingkirkan monarki Inggris.

“Kami akan menjadi generasi yang memberikan kemerdekaan bagi Skotlandia,” kata Yousaf dalam pidato kemenangannya dikutip Jumat (31/3/2023).

Selain itu, ia juga akan membawa Skotlandia keluar dari krisis biaya hidup yang menghantam Inggris serta melakukan reformasi di sektor layanan publik.

“Saya bertujuan untuk memimpin Skotlandia dan kepentingan semua warga negara kami, apa pun minat politik Anda,” jelasnya.

Sebagai informasi, Humza Yousaf merupakan pria keturunan Pakistan-Kenya. Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai menteri kesehatan dalam kabinet Sturgeon. []

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *