Pertama dalam Sejarah, AS Punya Jaksa Muslim

 Pertama dalam Sejarah, AS Punya Jaksa Muslim

Ilustrasi/Hidayatuna

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Keberadaan umat muslim di negeri Amerika Serikat (AS) terus menunjukkan kemampuannya. Kali ini tercatat dalam sejarah, salah satu jaksa terpilih di Michigan, AS adalah seorang muslim.

Ia tak lain adalah Saima Mohsin. Terpilihnya Saima sebagai jaksa di negara bagian Michigan AS ini sangatlah istimewa.

Sebab selain ia seorang dari latar belakang beragama Islam, Saima juga seorang muslimah. Dan ini merupakan sesuatu yang langka di negeri berjuluk negeri Paman Sam tersebut.

Capaian yang diteorehkan Saima sebagai jaksa adalah sebuah catatan sejarah baru di AS. Saima akan memulai pengabdiannya sebagai jaksa pada Februari 202 mendatang.

Tepatnya pada 2 Februari 2021 nanti dirinya secara resmi akan bekerja di Distrik Timur Michigan. Hal ini menyusul jaksa sebelumnya yakni Matthew Schneider telah memutuskan mundur, tercacat sejak 1 Februari nanti.

Menanggapi amanah yang diberikan kepadanya, Saima mengaku merasa haru dan bangga atas kepercayaan jabatan yang diembannya. Dirinya berjanji akan bekerja semaksimal mungkin.

“Merupakan kehormatan besar untuk melayani warga Distrik Timur Michigan sebagai Penjabat Jaksa Amerika Serikat,” kata Saima dikutip Republika dari Detroit Free Press, Selasa (26/1/2021).

“Saya sangat berkomitmen untuk memenuhi misi inti kami untuk menegakkan hukum dengan setia dan mencari keadilan bagi semua,” sambungnya.

Sebagai informasi, Saima adalah seorang muslimah berusia 52 tahun kelahiran Pakistan. Karirnya di bidang hukum, ia telah menjadi penuntut federal selama beberapa dekade, sejak 2002 dia mulai bekerja di Kantor Kejaksaan AS.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 × 2 =