Pernyataan Menohok Cak Nun Untuk Abu Janda

 Pernyataan Menohok Cak Nun Untuk Abu Janda

Ilustrasi/Hidayatuna

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Tudingan Permadi Arya a.k.a Abu Janda yang menyebut Islam sebagai agama arogan mendapat sorotan tajam. Itu datang dari budayawan sekaligus cendekiawan muslim tanah air, Emha Ainun Najib atau akrab disapa Cak Nun.

Menurut Cak Nun, menyebut Islam sebagai agama arogan adalah salah besar. Pasalnya, lanjut Cak Nun, Islam bukan subjek yang bisa memiliki sifat sifat layaknya yang dimiliki manusia.

Ia menegaskan bahwa Islam adalah agama, dan agama diciptakan oleh Tuhan. Dengan demikian, penyebutan Islam sebagai agama arogan sama halnya menuding Tuhan karena Ia yang menciptakan agama.

“Kalau Islam arogan itu agak tidak masuk akal karena yang arogan itu muslimnya. Islam kan bikinan Tuhan, berarti tuhan yang arogan,” kata Cak Nun dikutip CNN Indonesia dari akun YouTube CakNun.Com, Selasa (2/2/2021).

Cak Nun lantas mengajukan pertanyaan, kenapa Tuhan tidak boleh arogan? Kenapa enggak boleh sombong? Apa alasannya? Apa Tuhan harus baik?

Cak Nun menjawab karena, “Tuhan tidak punya ikatan apa-apa. Karena dia yang bikin,” sambungnya.

Untuk itu, kaitannya dengan tudingan Islam sebagai agama arogan, Cak Nun kemudian mengingatkan bagi siapapun yang belum mempelajari sesuatu jangan asal ngomong.

“Siapapun harus mulai berhati-hati dengan perkataannya. Sebab apa yang dijadikan perkataan harus bisa dipertanggungjawabkan oleh yang bersangkutan,” jelas Cak Nun.

Sebelumnya kasus Abu Janda ini juga menarik perhatian dari mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Di mana ia mengecam tindakan rasis Abu Janda.

Bahkan Susi mengajak followernya untuk melakukan aksi unfollow akun Abun Janda. Selain Susi, perhatian tajam juga datang dari putri Gus Dur Alissa Wahid.

Dimana tokoh yang memperjuangkan toleransi di Indonesia itu melontarkan kritik pedas terhadap Abu Janda. Menurutnya apa yang telah disampaikan Abu Janda sebgai tindakan intoleran.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

5 × 1 =