Kisah

Peristiwa Penting yang Terjadi pada Bulan Muharram

HIDAYATUNA.COM – Ditetapkannya bulan Muharram sebagai bulan pertama pada penanggalan umat Islam bukan tanpa alasan. Banyak sekali peristiwa-peristiwa besar yang dilalui dan dialami oleh para Nabi pada bulan Muharram.

Muharram menjadi sangat istimewa karena niat awal Nabi Muhammad melakukan hijrah dari Makah ke Madinah pada bulan ini. Peristiwa Hijrah tersebut kemudian menjadi tonggak awal terbentuknya masyarakat Islam yang berdaulat dan mandiri. Kemudian hari dekenal dengan istilah tata kenegaraan kehidupan masyarakat Madani.

Peristiwa penting lainnya dialami oleh para nabi sebelum Nabi Muhammad, antata lain sebagi berikut; pada bulan Muharram taubat Nabi Nabi Adam diterima Allah setelah diturunkan ke bumi. Pada bulan ini juga Nabi Idris dianggkat ke langit oleh Allah. Menurut Riwayat Ibnu Abu Nujaih Nabi Idris dianggkat kelangit dan tidak mati sebagaimana diangkatnya Nabi Isa.

Muharram seolah menjadi bulan penempaan dan penyematan, pada bulan ini kapal Nabi Nuh berlabuh di Bukit Zuhdi setelah dunia dilanda banjir yang menghanyutkan dan membinasakan sebagian besar manusia di Bumi. Sebelumnya Nabi Nuh bersama umatnya dan berabgai hewan ternak dan binatang harus beridam diri dikapal selama 150 hari.

Peristiwa bersejarah lainnya adalah selamatnya Nabi Ibrahim dari Siksa Namrud dimana Nabi Ibrahim dimasukkan dalam kobaran api, dalam keadaan yang demikian para malaikat menawarkan bantuan. Malaikatpengatur hujan menawarkan agar dapat menurunkan hujan namun ditolak oleh Nabi Ibrahim. Malaikat pembawa angin juga demikian menawarklan bantuan juga ditolak, bahkan Jibril menawarkan diri untuk memadamkan api ditolak juga.

Nabi Ibrahim hanya berharap pada Allah yang kemudian api tidak mampu membakar dirinya. Sampai kopbaran api badam dengan sendirinya tidak ada bekas luka sedikitpun ditubuh Nabi Ibrahim. Peristiwa lainnya yaitu Nabi Yusuf bebas dari penjara karena difitnah menggoda wanita kerajaan.

Baca Juga :  Kisah Surban Sakti Kiai Wahab Hasbullah

Bulan Muharram juga menjadi momentum Nabi Yunus selamat atau keluar dari perut ikan besar yang menelannya setelah meninggalkan kaumnya dikarenakan kapal kelebihan muatan. Pada bulan ini Allah juga menyembuhkan Nabi Ayyub setalah ditimpa sakit parah.

Muharram juga menjadi bulan bersejarah dalam riwayat hidup Nabi Musa ssat Fir’aun berkuasa. Pada bulan ini Nabi Musa dan umatnya selamat dari pengejaran Fir’aun bersama 100 ribu pasukan berkuda dan total pasukan 1,6 juta pasukan. Allah menenggelamkan Fir’aun bersama pasukannya di laut merah.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close