Peringati 1 Muharram, Yayasan Pendidikan Al Kalam Pamerkan 8.376 Benda Budaya

 Peringati 1 Muharram, Yayasan Pendidikan Al Kalam Pamerkan 8.376 Benda Budaya
Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Ada banyak tradisi yang sering dilakukan oleh warga masyarakat di berbagai daerah di Indonesia dalam peringati tahun baru Islam 1 Muharram yang akan jatuh pada hari Minggu (1/9/2019), diantaranya ada sejumlah kegiatan yang digelar di kota Makassar. Tepatnya di Balai Jenderal M Jusuf.

Masyarakat yang tergabung dalam Yayasan Pendidikan Kajian Al Kalam juga turut ambil bagian dalam perayaan untuk peringati tahun baru Islam 1 Muharram tersebut. Namun agak sedikit berbeda dengan komunitas lainnya, mereka akan menggelar pameran benda pusaka milik pendiri Yayasan Al Kalam.

Sebanyak 8.376 benda pusaka yang terdiri dari parang, badik, tombak, dan pedang dipertontonkan pada khalayak ramai. Pameran ini sendiri rupanya sudah menjadi pameran yang ke sembilan kalinya yang pernah dihelat.

Untuk memberikan pemahaman ke masyarakat bahwa benda pusaka jenis ini bukanlah senantiasa berbau mistik tapi inilah salah satu benda dari kebudayaan khas Sulawesi Selatan,” ucap Kausar, seorang anggota Yayasan Pendidikan Kajian Al Kalam.

Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb yang didaulat membuka acara sekaligus memberikan sambutannya memaparkan kekagumannya akan usaha pendiri yayasan untuk senantiasa merawat dan mengumpulkan benda pusaka ini.

“Turut melestarikan kebudayaan Sulawesi Selatan berupa badik dan parang. Dengan nominal yang tidak sedikit dan semakin bertambah tiap tahunnya semoga generasi selanjutnya bisa memaknai filosofi akan benda pusaka ini,” puji Iqbal. (portalmakassar.com)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

five × four =