Cancel Preloader

Perempuan Dukung Sesama Perempuan, Apa yang Bisa Kita Lakukan?

 Perempuan Dukung Sesama Perempuan, Apa yang Bisa Kita Lakukan?

Ilustrasi/Hidayatuna

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Persaingan antar perempuan nyatanya masih begitu jelas hingga saat ini. Setiap perempuan berlomba-lomba untuk menjadi yang terhebat. Bahkan tidak jarang sampai tega menjatuhkan perempuan lainnya dan memandang mereka dengan sebelah mata.

Fenomena seperti ini sering kali kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja ada seorang perempuan dengan pekerjaan yang prestisius, lalu merendahkan perempuan lain yang pekerjaannya tidak sepadan dengan dirinya.

Tidak hanya itu saja. Banyak juga perempuan yang karena merasa sudah memiliki keluarga yang lengkap berupa suami dan anak lalu dengan seenaknya merendahkan perempuan yang belum memiliki anak. Belum lagi ditambah dengan berbagai lontaran negatif yang bersifat memojokkan.

Tentu saja hal seperti ini hanya akan menyakiti perasaan perempuan yang belum memiliki anak. Padahal dirinya juga sudah berusaha. Toh sebesar apa pun usaha kita, jika Allah SWT belum mengizinkan, maka belumlah bisa terwujud.

Pentingnya Mendukung Sesama Perempuan
Wajar jika setiap manusia memiliki keinginan besar untuk menang dan unggul. Namun, ketika kamu mampu mencapainya, apa yang bisa kamu dapatkan? Kepuasan? Apakah dengan merasa puas lalu kamu sudah menjadi perempuan paling hebat dan bahagia di dunia ini?

Persaingan sesama perempuan dan ajang jatuh menjatuhkan menjadi suatu problem yang sangat memprihatinkan. Di mana sebagai sesama perempuan seharusnya saling bekerja sama untuk mewujudkan impiannya. Sebab Allah SWT pastilah memberikan kemampuan masing-masing dalam diri perempuan agar bisa dikelola dan dikembangkan. Bukan justru merasa iri dengan perempuan lainnya karena bisa melakukan berbagai hal.

Dengan saling membantu, mendukung, dan menguatkan, bukankah lebih baik? Jika setiap perempuan bisa maju satu per satu, otomatis mereka juga bisa membantu perempuan lainnya untuk turut serta mengikuti jejak mereka. Dengan begitu, setiap perempuan pun semakin termotivasi dan mendapatkan ruang yang tepat untuk membuatnya terus berkembang.

Cara Mendukung Sesama Perempuan

Bentuk upaya untuk mendukung sesama perempuan bisa kita lakukan dengan berbagai cara. Bahkan cara-cara tersebut cukup sederhana saja.

1. Apresiasi Setiap Karyanya

Jika ada perempuan yang menghasilkan suatu karya, maka kita hendaklah memberikan apresiasi atas usahanya tersebut. Kita patut ikut berbangga karena ada teman kita yang mampu mengolah kemampuannya. Sehingga bisa dimunculkan dalam bentuk karya yang bisa membuatnya lebih berdaya.

2. Berikan Selamat Atas Prestasi yang Diraihnya

Tidak sedikit dari perempuan yang ketika mendapatkan prestasi, misal menang dalam suatu perlombaan, lalu menimbulkan rasa iri yang kemudian membencinya karena merasa dia sudah mendapatkan hal yang lebih baik dibandingkan dirinya. Sifat seperti inilah yang seharusnya dibuang jauh-jauh.

Ketika ada perempuan yang mendapatkan prestasi, maka belajarlah untuk mengucapkan selamat kepada mereka dengan penuh ketulusan dan rasa bangga. Hal ini selain membuat mereka senang, juga membuat hati kita lebih sehat.

3. Kuatkan Jika Terpuruk

Saat teman perempuan kita dalam kondisi yang terpuruk, maka berikan waktu sejenak bagi dirinya untuk meluapkan emosi kemudian kuatkanlah dia. Dalam momen seperti ini, hal yang mereka butuhkan hanyalah orang yang ada disampingnya untuk memberikan support, bahkan hanya sekedar menemaninya saja sudah lebih dari cukup untuk membuatnya tenang.

4. Jangan Menghinanya Atau Mendiskriminasi

Apapun kondisi seorang perempuan, baik itu penampilannya, bentuk tubuhnya, warna kulitnya, karakternya, dan sebagainya yang melekat dalam diri perempuan jangan untuk dijadikan hinaan atau bahan diskriminasi. Hargai setiap apa yang mereka miliki. Dengan seperti ini, maka kita akan terhindar untuk saling menjatuhkan sesama perempuan.

Dengan begitu, kita sebagai perempuan yang hidup berdampingan dengan perempuan lainnya janganlah saling memandang rendah dan terlibat dalam persaingan. Melainkan kita harus saling mendukung, membantu, dan memotivasi. Sehingga setiap perempuan bisa mencapai impiannya dan maju bersama-sama.

Widya Resti Oktaviana

Widya Resti Oktaviana

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

5 × 1 =