Perayaan Menandai Peringatan Kemenangan Revolusi Islam Dimulai di Iran

 Perayaan Menandai Peringatan Kemenangan Revolusi Islam Dimulai di Iran

Negara-Negara Non-Blok Diminta Desak Israel Segera Lakukan Genjatan Senjata (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Teheran – Berbagai program dimulai di Iran pada Selasa untuk merayakan ulang tahun ke-43 kemenangan Revolusi Islam 1979. Termasuk upacara resmi yang diadakan di makam Imam Khomeini, mendiang pendiri Republik Islam, di selatan Teheran.

Para pejabat politik, agama dan militer, para pemimpin dari berbagai agama dan berbagai kelompok orang menghadiri upacara tersebut. Ini dimulai dengan pembacaan ayat-ayat dari Alquran oleh qari Habib Sedaqat terkemuka dan kemudian lagu kebangsaan Republik Islam Iran dimainkan.

Upacara tersebut juga termasuk pembacaan pidato yang dilakukan oleh Mahmoud Alavi. Untuk memuji Ahl-ul-Bayt (AS), para martir Revolusi Islam dan Imam Khomeini.

Selanjutnya, Hojat-ol-Islam Mohammad Hassan Aboutorabifard, pemimpin salat Jumat sementara Teheran. Ia menyampaikan pidato yang menggambarkan Imam Khomeini (RA) sebagai sosok yang dibesarkan di sekolah Alquran.

Ia menambahkan bahwa Imam Khomeini adalah seorang tokoh agung. Ia telah menemukan jalan kebenaran dan menghabiskan hidupnya untuk melakukan perbuatan baik.

Setiap tahun, jutaan orang Iran di seluruh negeri merayakan sepuluh hari perayaan yang menandai peringatan kemenangan Revolusi Islam 1979. Revolusi yang mengakhiri monarki rezim Pahlavi yang didukung AS di negara itu.

Hari kembalinya Imam Khomeini ke Iran (1 Februari tahun ini) menandai dimulainya Sepuluh Hari Fajar (Sepuluh Hari Fajar).  yang memuncak dengan aksi unjuk rasa pada peringatan kemenangan Revolusi Islam pada 11 Februari.

Bangsa Iran menggulingkan rezim Pahlavi yang didukung AS 42 tahun lalu, mengakhiri 2.500 tahun pemerintahan monarki di negara itu.

Revolusi Islam yang dipelopori oleh mendiang Imam Khomeini membentuk sistem politik baru yang berdasarkan nilai-nilai Islam dan demokrasi.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *