Pengungsi Rohingya Tiba di Indonesia

 Pengungsi Rohingya Tiba di Indonesia

Pengungsi Rohingya Tiba di Indonesia (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Indonesia –¬†Pada hari Selasa (14/11), sekelompok hampir 200 pengungsi Rohingya, termasuk perempuan dan anak-anak, tiba di provinsi paling barat Indonesia, menurut seorang pejabat setempat.

Hal tersebut menandai kedatangan kontingen terbesar warga Rohingya yang teraniaya dari Myanmar dalam beberapa bulan terakhir.

Rohingya, yang sebagian besar beragama Islam, melakukan perjalanan laut yang berbahaya setiap tahun dalam upaya mencapai Malaysia atau Indonesia.

Kelompok pengungsi yang terdiri dari 196 orang itu mendarat di daerah terpencil di wilayah Pidie, Provinsi Aceh, dan beberapa diantaranya segera melarikan diri ke daratan, AFP melaporkan.

Pemerintah setempat dan warga memberikan bantuan kepada para pengungsi, menawarkan makanan dan minuman.

Gambar-gambar pengungsi yang kelelahan, termasuk perempuan dengan bayi, menunggu bantuan di pantai telah muncul ke permukaan.

Badan pengungsi PBB memperkirakan lebih dari 2.000 warga Rohingya telah melakukan perjalanan berbahaya ke negara-negara Asia Tenggara tahun ini.

Tahun lalu, badan tersebut memperkirakan hampir 200 orang Rohingya tewas atau hilang dalam penyeberangan laut yang berbahaya.

Pada bulan Maret, 184 pengungsi Rohingya tiba di kota Peureulak di Aceh timur setelah ditinggalkan di laut dan terpaksa berenang ke darat. []

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *