Pengaruh Hijrah Bagi Kehidupan dan Peradaban Umat Manusia

 Pengaruh Hijrah Bagi Kehidupan dan Peradaban Umat Manusia

Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal. (Foto: Tribun)

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Lampung – Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal, menilai bahws tahun baru Islam merupakan momentum yang sangat baik untuk melakukan hijrah. Peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah, kata dia, merupakan sebuah peristiwa besar, atau bersejarah yang memiliki pengaruh bagi kehidupan dan peradaban umat manusia, khususnya bagi umat Islam di seluruh dunia.

“Perlu saya ingatkan kembali, bahwa peristiwa tersebut memperlihatkan keuletan, ketangguhan, keyakinan dan ketakwaan Nabi Muhammad SAW dalam mengemban tugas dakwah Islamiyah, sehingga dapat menjadi momentum bagi masyarakat di kabupaten setempat untuk melakukan evaluasi, introspeksi diri, muhasabah, memperbaiki berbagai kesalahan dan kekurangan, dan juga meningkatkan lagi hal-hal baik,” jelasnya dalam sambutannya yang di bacakan oleh Plh Sekkab Pesisir Barat, Edy Mukhtar, pada pembukaan acara Gebyar 1 Muharram 1441 H di Gedung Serba Guna (GSG) Labuhan Jukung, Senin (2/9/2019).

Peringatan tahun baru Islam yang kita laksanakan kali ini, sambungnya, merupakan sebagai salah satu kesempatan untuk hijrah dan dalam lebih memahami dan menghayati makna atau pengaruh-Nya bagi kehidupan umat manusia dimasa kini maupun masa yang akan datang.

“Baik selaku insan hamba Allah swt maupun selaku insan sosial dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

“Maka, untuk itu, dengan memahami hikmah tahun baru Hijriah ini, hendaknya kita semua semakin mempertebal iman, meningkatkan ke-taqwa-an, disiplin dalam upaya meningkatkan kinerja, dan profesionalisme untuk menghadapi tugas-tugas masa depan yang semakin berat,” tandasnya.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

8 − one =