Pengangkatan Guru Madrasah Swasta, Kemenag Susun Pedomannya

 Pengangkatan Guru Madrasah Swasta, Kemenag Susun Pedomannya

Pengangkatan Guru Madrasah (Ilustrasi/Hidayatuna)

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Dalam upaya untuk mempermudah pengelolaan satuan pendidikan agama, Kementerian Agama (Kemenag) tengah menyiapkan pedoman. Ini untuk pengangkatan guru madrasah yang berstatus swasta. Rencananya pedoman itu bisa digunakan sebagai acupan untuk proses pengangkatan guru.

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Kemenag, Muhammad Zain menjelaskan meski sebenarnya soal pengangkatan guru di madrasah swasta merupakan kewenangan dari pihak pengelola. Pemerintah merasa perlu memberikan rambu-rambu berupa pedoman.

Kemenag berharap agar perekrutan guru di madrasah swasta berjalan baik. Untuk itu sebagai regulator, Kemenag dirasa perlu menyusun pedomannya.

“Kemenag sebagai regulator perlu menyusun pedoman. Walaupun pengangkatan guru di madrasah swasta memang merupakan kewenangan pengelola madrasah tersebut,” ujar Muhammad Zain dalam siaran persnya, dikutip Jumat (10/9/2021).

Adapun pedoman tersebut lanjut Zain dilansir dari Tempo, akan berbentuk Keputusan Menteri Agama yang bersifat mengikat. Keputusan Menteri Agama tersebut akan melengkapi regulasi yang mengatur tentang pengangkatan guru di madrasah yang diselenggarakan masyarakat.

Dengan kehadiran pedoman ini, Kemenag ingin menjamin mutu proses pembelajaran di madrasah. Oleh karenanya pedoman yang sedang disusun harus berorientasi pada pendidikan yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan.

Salah satu item yang diatur dalam Keputusan Menteri Agama itu adalah calon guru madrasah yang diangkat harus berkualifikasi S1.

“Dengan adanya pedoman ini, madrasah diharapkan dapat menjaring guru yang kompeten. Profesional dan berintegritas sehingga proses pendidikan di madrasah akan memiliki kualitas yang unggul,” jelasnya.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

20 − six =