Pengamat ini Sarankan Seluruh Pesantren Tutup Hingga Akhir Tahun

 Pengamat ini Sarankan Seluruh Pesantren Tutup Hingga Akhir Tahun

Pengamat ini Sarankan Seluruh Pesantren Tutup Hingga Akhir Tahun

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Pengamat dari Universitas Griffith, Dicky Budiman menyarankan seluruh fasilitas pendidikan termasuk pondok pesantren ditutup hingga akhir tahun 2020.

Selain karena masih berada dalam masa pandemi, hal itu merespons tujuh santri Pondok Pesantren Modern Gontor Kampus 2 Ponorogo, terkonfirmasi positif Covid-19.

“Seperti selalu saya sampaikan, untuk sekolah mulai TK sampai universitas sebaiknya ditunda dulu sampai akhir tahun. Tidak ada kecuali,” ujar Dicky, dalam sebuah keterangan, Kamis (9/7/20).

Dicky mengungkapkan bahwa hingga saat ini banyak kasus Covid-19 yang tidak terdeteksi di masyarakat yang juga perlu diwaspadai, oleh karena itu kebijakan untuk tetap menutup aktivitas pendidikan tersebut harus dilakukan. Karena jika tidak hal tersebut dikhawatirkan dapat menimbulkan klaster baru penuebaran Covid-19 di Indonesia.

Terkait dengan hal itu, dia kembali mengatakan tidak merekomendasikan pesantren untuk dibuka. Terlebih, dia menyebut tidak ada data valid terkait dengan cakupan pengujian nasional dan per wilayah yang bisaa menjadi para siswa atau santri aman ketika kembali belajar.

Sebelumnya, sebanyak tujuh santri Pondok Pesantren Modern Gontor Kampus 2 Ponorogo, terkonfirmasi positif Covid-19.

Kini pihak pondok pesantren tersebut telah memberlakukan isolasi mandiri, sehingga warga pesantren dilarang melakukan aktivitas di luar pesantren dan tidak menerima kunjungan wali santri.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

nineteen + 6 =