Pemerintah Ajak Mahasiswa Kembangkan Ekonomi Syariah di Tengah Pandemi

 Pemerintah Ajak Mahasiswa Kembangkan Ekonomi Syariah di Tengah Pandemi

Literasi Ekonomi Syariah (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM – Pemerintah melalu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengajak mahasiswa untuk ikut serta mengembangkan ekonomi syariah. Ini merupakan salah satu upaya dalam menciptakan lapangan pekerjaan.

Pasalnya, di tengah pandemi Covid-19, sektor ekonomi syariah Indonesia justru mengalami pertumbuhan yang signifikan. Hal itu disampaikan dalam webinar Gunadarma Sharia Economic Event, Selasa (13/7) dilansir dari Republika.co.id.

Dalam paparannya, Sandiaga mengatakan ekonomi syariah kini tengah melewati tahap yang sangat strategis. Hal tersebut lantaran pertumbuhan ekonomi syariah di tengah pandemi Covid-19 yang meningkat.

Sandiaga Uno berpesan kepada para mahasiswa untuk terus optimistis menghadapi tantangan di tengah pandemi Covid-19. Sebab, menurutnya, krisis ekonomi serta beragam keterbatasan yang dihadapi dapat membentuk karakter seorang entrepreneur yang mumpuni.

Sandiaga sendiri mengaku punya DNA entrepreneur karena lahir dan besar sebagai entrepreneur dipicu krisis ekonomi. Hidup dari krisis ke krisis tersebut akan membawa kepada tantangan baru.

Sandiaga berharap agar masyarakat, terutama para pelaku ekonomi, anak-anak muda yang merupakan masa depan bangsa dapat terus bergerak menjadi pemenang. Jangan menjadi kaum rebahan, tapi jadi agen perubahan dan bangkit di saat sulit.

Untuk diketahui, kinerja ekonomi syariah secara umum bertumbuh 5,72 persen sejak tahun 2019. Pertumbuhan tersebut ditopang oleh makanan halal, fesyen, pertanian, dan sejumlah lini sektor ekonomi syariah.

Oleh karena itu, perekonomian syariah ditegaskan Sandiaga harus bisa memetakan peluang usaha senilai lebih dari 250 miliar dolar AS. Ia berharap agar kalangan muda dapat mengambilnya peluang sekaligus pemain sentral dalam ekosistem perekonomian syariah dunia.(*)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

four × 1 =