Pelajar Muslim Buffalo Desak Idul Fitri Hari Libur Nasional

 Pelajar Muslim Buffalo Desak Idul Fitri Hari Libur Nasional

Tuhan Kita Berbeda (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta — Sebanyak 5.000 siswa Muslim di Buffalo Public Schools, New York, Amerika Serikat, meminta agar hari raya umat Islam dimasukkan ke dalam hari libur sekolah. Selama ini mereka tetap diwajibkan masuk sekolah saat perayaan Idul Fitri dan Idul Adha.

Saat ini populasi muslim di kota tersebut memiliki jumlah yang besar. Untuk itu, mengabaikan hari libur komunitas muslim dinilai tidak tepat.

Untuk itu, Pusat Kebudayaan Islam Buffalo mengajukan permohonan agar hari raya umat Islam dimasukkan ke dalam hari libur nasional. Ketua Kebudayaan Islam Buffalo telah mengirim surat kepada Anggota Dewan Umum Lovejoy Bryan Bollman.

“Dalam negara keragaman seperti itu ada dan kebebasan beragama adalah nilai fundamental, perlu untuk menyediakan akomodasi bagi semua kelompok agama,” kata Ketua Kebudayaan Islam Buffalo dalam suratnya, dilansir pada Rabu (16/02/2022).

Menurutnya, pelajar Muslim berhak mendapatkan kesempatan untuk mempraktikkan iman mereka. Kemudian berkumpul dengan keluarga mereka tanpa tekanan sekolah, ujian, tanggung jawab, atau ketakutan akan hukuman karena merayakannya.

***

Kalender Hijriah Islam adalah kalender lunar, sehingga perayaan `Idul Fitri berputar sepanjang musim. Sekolah umum di kota New York menambahkan dua hari libur Muslim ke jadwal liburannya pada tahun 2016.

Siswa di kota-kota di Michigan dan New Jersey juga memiliki hari libur, dan pendatang baru Islam di Buffalo mempertanyakan mengapa hal yang sama tidak terjadi di Buffalo.

“Jadi kami berkata, mengapa tidak membiarkan kami melakukan ini karena banyak orang yang bertanya?” kata Abul Hoque, pekerja magang di kantor Bollman yang juga bekerja di Pusat Kebudayaan Islam Buffalo.

“Kota Buffalo adalah kota terbesar kedua di negara bagian. Mengapa tidak pergi ke depan? Ayo lihat. Mari kita coba,” sambungnya.

Semakin banyak distrik sekolah Amerika mulai mengakui hari libur Muslim. Pada tahun 2021, Lewiston Maine menambahkan hari libur Islam ke kalender sekolah umum, yang memungkinkan siswa Muslim untuk merayakan hari libur mereka secara normal.

Dewan Pendidikan Kabupaten Baltimore menyetujui dengan suara bulat pada November 2019, untuk menutup sekolah umum bagi siswa pada `liburan Idul Fitri ketika mereka tiba pada hari sekolah.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *