PCNU Malang Gelar Diklat Pada Ratusan Takmir

 PCNU Malang Gelar Diklat Pada Ratusan Takmir
Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Selain tempat melaksanakan Ibadah Sholat, Masjid juga berfungsi juga tempat berdiskusi dan menimba Ilmu Keislaman, bertema ‘Masjidku Taman Surgaku’, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama, atau PCNU Kabupaten Malang, menyelenggarakan Pelatihan Pendidikan Manajemen di Gedung Pasca Sarjana Universitas Malang. Minggu (15/9/2019).

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Malang, Umar Usman. Beserta sejumlah pengurus, Plt Bupati Malang, Sanusi MM serta ratusan peserta mulai pengurus Takmir Masjid se Kabupaten Malang.

Dalam sambutannya, Plt Bupati Malang M. Sanusi, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Harus diakui bahwa kegiatan pelatihan dalam mengelola masjid, masih belum banyak dilaksanakan. Padahal, dalam era yang semakin modern, pengelolaan masjid menjadi salah satu kunci kesuksesan proses dakwah kepada umat. 

Baca Juga

“Masjid adalah pusat peradaban, pendidikan, bahkan menjadi media paling efektif dalam proses mencari solusi atas berbagai permasalahan Keagamaan terutama Umat Islam, azas manfaat masjid tersebut mulai sedikit berkurang. Hal ini dikarenakan sudah mulai bergesernya pola pemikiran umat Islam, yang telah menjadikan media lain sebagai pengganti dari peran masjid,” kata Sanusi saat memberikan sambutan pembukaan.

Sudah saatnya pola pengelolaan masjid diubah menjadi efektif dan tepat sasaran, sehingga masjid senantiasa menjadi tujuan referensi utama bagi umat Islam untuk beribadah, menuntut ilmu sekaligus juga menjadi sarana bermusyawarah guna menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi umat Islam. 

“Melalui pelaksanaan kegiatan Pelatihan Manajemen Masjid ini, Pemerintah Kabupaten Malang berharap akan semakin banyak para takmir masjid yang memiliki wawasan dan kemampuan manajerial yang baik dalam proses pengelolaan masjid, ” ujar Sanusi.

“Untuk itu para pengelola masjid sebagai garda terdepan, bersama-sama dengan umat Islam lainnya, harus dapat mengontrol dan mengawasi pemanfaatan masjid. Sehingga masjid benar-benar menjadi media dakwah Islam yang damai, yang membawa rahmat bagi semesta alam, ” ungkap Sanusi mengakhiri sambutannya.

Pelatihan ini berlangsung selama 2 hari yang diikuti seluruh Takmir dan Pengurus Masjid yang ada di Kabupaten Malang. (Sumber: suarajatimpost.com)

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

19 + 5 =