Parenting Ala Imam Al-Ghazali

 Parenting Ala Imam Al-Ghazali

Parenting Ala Imam Al-Ghazali (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Ustadzah sekaligus putri pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Imaz Fatimatuz Zahra (Ning Imaz) membeberkan bagaimana konsep parenting (pola asuh orang tua) dari Imam Al-Ghazali.

Ning Imaz menjelaskan bahwa dalam konsep parenting dan pendidikan anak, Imam Al-Ghazali senantiasa memberikan hal-hal yang bisa membuat anak terhibur dan senang, setiap kali usai sesi belajar mengajar.

“Imam Ghazali juga menyarankan bahwa seorang anak ketika sudah selesai belajar, orangtua dianjurkan memberikan permainan yang mana permainan tersebut bisa menghibur anak,” ujar Ning Imaz dalam video yang diunggah akun Instagram @ajwaplay dikutip Rabu (15/2/2023).

Meski demikian, permainan yang diberikan kepada anak menurut Imam Al-Ghazali sekiranya yang tidak membuat si anak menjadi lelah dan apalagi membuatnya menjadi kecanduan.

“Tetapi (jenis permainan yang) tidak membuat anak tersebut lelah dengan permainan itu,” jelasnya.

Ning Imaz menjelaskan, misalnya dengan memberikan sesuatu yang memang disenangi dan digemari untuk menjadikan hiburan setelah si anak belajar.

“Karena kembali lagi, kita ini harus menjaga keseimbangan sebagai orangtua. Dan keseimbangan itu bisa sampai, jika kita menjaga segala sesuatunya sesuai dengan dosis yang terukur,” ungkapnya.

Intinya apa yang diberikan kepada anak jangan sampai berlebihan. Termasuk saat memberikan kasih sayang juga tidak boleh berlebihan.

Begitupun saat mengarahkannya, orang tua juga tidak boleh terlalu berlebihan yang sampai menuntut lebih kepada si anak.

“Pokoknya semuanya itu harus betul-betul seimbang dan terukur supaya bisa menghasilkan kemaslahatan,” tandasnya. []

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *