Kabar Daerah

Para Santri Diajak Menjadi Aktor Utama Toleransi Beragama

HIDAYATUNA.COM, Kota Singkawang – Para santri di Pondok Pesantren Ushuluddin Kota Singkawang, Kalimantan Barat, diajak oleh Menteri Agama (Menag) RI, Fachrul Razi, untuk menjadi aktor utama dalam toleransi umat beragama.

Dalam kunjungan ke Ponpes Ushuluddin tersebut, Menag juga mengatakan bahwa, masyarakat Indonesia mampu bersatu dalam perbedaan di bawah naungan Pancasila.

“Salah satu faktor yang menjadikan Indonesia sebagai negara toleran adalah para santri,” kata Fachrul, dilansir dari laman resmi Kemenag, Senin (10/2/2020).

“Saya bangga Singkawang menjadi kota paling toleran. Dan tentunya saya yakin itu berkat peran adik-adik santri,” ujar Pensiunan Wakil Panglima TNI itu menambahkan.

Dalam kesempatan itu, Fachrul juga mengajak para santri terus mengkampanyekan sikap toleransi beragama. Karena, hal itulah yang menjaga Indonesia tetap damai.

“Seluruh agama pasti mengajarkan tentang sikap toleran. Maka jika pemeluknya tidak toleran, pasti ada yang salah dengan pemahamannya. Bukan salah agamanya,” ucap dia.

Lebih lanjut, Fachrul mengatakan santri juga seharusnya dapat menjadi contoh bagi masyarakat dalam toleransi beragama. Santri dapat menjadi corong wujud Islam yang rahmatan lil ‘alamin.

“Seperti firman Allah, bahwa kita diciptakan berbeda-beda untuk lita’arafu. Saling kenal mengenal,” ucapbnya. (AS/HIDAYATUNA.COM)

Baca Juga :  Kemenag Keluarkan Izin Pembangunan Masjid Al Hidayah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close