Para ASN Harus Bisa Baca Qur’an Jika Ingin Naik Jabatan

 Para ASN Harus Bisa Baca Qur’an Jika Ingin Naik Jabatan

Para ASN Harus Bisa Baca Quran

Digiqole ad


HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Lolos tes membaca al-Qur’an menjadi syarat wajib untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) muslim jika ingin bisa naik jabatan. Dengan demikian, mau tidak mau para ASN yang beragama Islam dituntut untuk bisa baca Qur’an.

Hal ini menyusul peraturan tambahan bagi seluruh ASN Muslim yang hendak mengajukan promosi jabatan sebagaimana yang dikeluarkan oleh pemerintah Kabupaten Gowa. Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menjelaskan syarat baru yang dimaksud adalah para ASN muslim harus bisa dan fasih membaca al-Qur’an.

“Saya memasukkan salah satu persyaratan utama dan sifatnya wajib bagi siapapun yang akan melakukan promosi jabatan, mereka tidak buta aksara Alquran,” kata Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, dilansir dari Rakyatku, Selasa (16/6/2020).

Ia menambahkan bahwa promosi jabatan eselon II, III dan IV mereka para ASN ini harus mengetahui syarat wajib tersebut. Yakni lolos tes baca al-Qur’an.

Adnan menjelaskan kebijakan barunya ini dibuat sejalan dengan program Pemkab Gowa, yakni ingin membangun sumber daya manusia yang cinta pada al-Qur’an.

“Siapapun yang akan promosi jabatan ke depan, membaca Alquran adalah tes yang wajib. Baik untuk laki-laki maupun perempuan, ini akan menjadi persyaratan utama,” ujar Adnan.

Ia pun menegaskan bahwa tes baca Alquran merupakan syarat wajib yang tak bisa diganggu gugat. Sehingga siapapun yang tak lolos maka dapat dipastikan tidak bisa mendapatkan promosi jabatan.

“Meskipun dari syarat untuk menduduki jabatan sudah terpenuhi tetapi jika syarat membaca Alqurannya tidak, maka hari itu juga akan dibatalkan dan akan digugurkan untuk promosi,” tandasnya.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

fourteen − 2 =