Panduan Terbaru Ibadah di Masjid Akan Dirilis Kemenag

 Panduan Terbaru Ibadah di Masjid Akan Dirilis Kemenag

Perbedaan antara ibadah dan yang bernilai ibadah (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Di tengah telah berlangsungnya vaksinasi Covid-19 di berbagai daerah di Indonesia, membuat Kementerian Agama (Kemenag) tengah mengupayakan panduan terbaru bagi umat muslim dalam melaksanakan ibadah di masjid. Hal ini menyusul sejumlah daerah dinyatakan aman terhadap terhadap persebaran virus Corona.

Sebagaimana diketahui bahwa saat wabah virus corona menyerang Indonesia, Kemenag mengeluarkan panduan ibadah di rumah ibadah. Dimana dilakukan pembatasan jarak saat melakukan aktifitas ibadah.

Untuk itu dalam menghadapi situasi terbaru, Kemenag merasa perlu mengeluarkan panduan terbaru. Hal itu disampaikan Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin.

Ia mengatakan akan ada panduan atau imbauan baru terkait protokol kesehatan (prokes) ibadah di masjid dan mushala. Dilansir dari Republika, imbauan baru tersebut disesuaikan dengan perkembangan zonasi pada masa pandemi Covid-19.

“Saya kira akan ada (panduan, imbauan atau surat edaran baru) karena sudah mulai banyak perubahan zona. Insya Allah dalam waktu dekat akan mengeluarkan untuk merespons realitas yang berkembang, dinamika zonasi yang berkembang,” ujarnya dikutip Jumat (1/10/2021).

Ia menerangkan dalam panduan baru ibadah di masjid atau mushala nanti tidak akan menyebut daerah, tapi menyebut zonasi saja. Hal itu dengan pertimbangan banyak daerah yang sama zonasinya.

Ia juga mengingatkan masyarakat agar tetap mengutamakan protokol kesehatan. Jangan sampai kondisi masyarakat di tengah pandemi sudah semakin baik, malah kembali lagi seperti sebelumnya akibat mengabaikan protokol kesehatan.

“Jadi pemerintah termasuk Kementerian Agama terus menerus mengajak masyarakat memastikan protokol kesehatan di tempat ibadah, khususnya di masjid dan mushala,” jelasnya.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

seventeen + nineteen =