Pahala Membantu Teman Mencarikan Jodoh

 Pahala Membantu Teman Mencarikan Jodoh

Pahala Membantu Teman Mencarikan Jodoh

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Pendakwah, Habib Muhammad bin Anies Shahab menjelaskan bahwa membantu hajat seseorang sesama muslim merupakan sesuatu hal yang mulia. Sekalipun tidak berhasil, hal itu disebutnya tetap mendapat pahala.

Ia mencontohkan, misal membantu teman yang sedang punya hajat mencari jodoh. Maka berhasil tidaknya seseorang tersebut dalam membantu, menurut Habib Muhammad Bin Anies Shahab sudah bernilai ibadah.

“Misalnya mencarikan jodoh untuk temannya, padahal dianya sendiri masih jomblo. Sukses atau tidak sukses, Allah melihat usahanya,” kata Habib Muhammad Bin Anies Shahab dikutip dari akun TikTok @ngaji.nu dikutip Senin (20/3/2023).

Mengenai hal itu, Nabi Muhammad SAW bersabda barangsiapa berusaha untuk menyampaikan hajat muslim saudaranya muslim, sukses atau tidak, maka diampuni seluruh dosanya oleh Allah Swt.

“Dan (ia) diselamatkan dari dua hal yang berbahaya, yaitu selamat dari kemunafikan dan selamat dari api neraka,” jelasnya.

Sebagai informasi, menolong dan memudahkan urusan orang lain memiliki beberapa keuatamaan.

Di antaranya mengacu kepada kisah Rasulullah yang tertuang dalam dalam hadits yang diriwayatkan Imam Thabrani menjelaskan bahwa manusia yang paling dicintai oleh Allah adalah manusia yang paling banyak bermanfaat dan berguna bagi manusia yang lain.

Sedangkan perbuatan yang paling dicintai Allah adalah memberikan kegembiraan kepada orang lain atau menghapus kesusahan orang lain, atau melunasi utang orang yang tidak mampu untuk membayarnya, atau memberi makan kepada mereka yang sedang kelaparan. []

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *