Cancel Preloader

Orang Mesir Sebut Negaranya Sebagai Ibunya Dunia

 Orang Mesir Sebut Negaranya Sebagai Ibunya Dunia
Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Alumni Al-Azhar dan mantan Pengurus PCI-Muhammadiyah Kairo, Yayan Suryana menjelaskan orang-orang Mesir lebih suka menyebut negaranya sebagai ibunya dunia atau ummu dunya.

“Ketika berbincang dengan orang-orang Mesir, mereka suka sekali menyebut tanah mereka dengan ‘Ummu Dunya’ atau Ibunya Dunia,” ungkap Yayan Suryana dalam artikelnya dikutip Hidayatuna.com, Rabu (10/6/2020).

Dirinya mengungkapkan, ada sebagian sejarawan yang meyakini bahwa penamaan tersebut lahir ketika berdirinya imperium Romawi dan Mesir termasuk dalam wilayah jajahan mereka.

Bagi Bangsa Romawi saat itu, Mesir ada lumbung utama bahkan boleh dikatakan satu-satunya penghasil gandum untuk wilayah kekuasaan Romawi. Sedangkan gandum menjadi makanan pokok mereka saat itu.

“Oleh karena itu, bangsa Romawi memberi nama ‘Ummu Dunya’ atau Ibunya Dunia untuk Mesir,” sambungnya.

Bahkan lanjut dia, sejarawan Ibnu Batutah dari Maroko yang pernah mengunjungi Mesir tahun 1325 Masehi, dalam bukunya yang terkenal ‘Rihalatu Ibnu Bathūthah’ memiliki kesan mendalam tentang tanah tersebut, dan menyebutnya sebagai ‘ibunya negeri-ngeri’.

Keistimewaan tanah Mesir lainnya adalah pernah hidup berbagai peradaban dan kebudayaan yang beragam sejak ribuan tahun yang lalu.

“Bahkan ada yang menyebutkan peradaban Mesir tepatnya sudah ada 7000 tahun sebelum Masehi,” tandasnya.

Redaksi

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

one × five =