Cancel Preloader

NU Peduli Terjun ke Lokasi Bencana Sulawesi Barat

 NU Peduli Terjun ke Lokasi Bencana Sulawesi Barat

Ilustrasi/Hidayatuna

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Ormas keagamaan terbesar Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU) bergerak cepat menurunkan bantuan kepada para korban gempa bumi di Sulawesi Barat.

Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU), Muhammad Ali Yusuf mengatakan gerakan relawan NU Peduli diterjunkan membantu korban gempa.

Menurutnya, membantu para korban bencana adalah sebuah keharusan. “Penting karena ini urusan kemanusiaan,” kata Ali Yusuf dilansir dari NU Online, Selasa (19/1/2021).

Meski demikian, kali ini situasi bencana agak berat, pasalnya proses penerjunan relawan NU tidak seleluasa tahun tahun sebelumnya.

Hal ini lanjut dia, karena kondisi sekarang berbarengan dengan wabah virus Corona yang sedang melanda Indonesia. Apalagi trend penyebaran virus ini semakin bertambah korbannya.

“Tapi yang sangat menantang dilakukan di tengah pandemi yang lagi gawat-gawatnya karena angka positif Covid-19 terus meningkat tajam,” sambungnya.

Sebagai informasi, pengiriman relawan dan tim kesehatan ke daerah terdampak gempa di Sulawesi Barat dilakukan pada Ahad (17/1) malam lalu. Tim yang diutus PBNU yaitu keterwakilan dari Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI). Juga dari NU Care-LAZISNU serta dokter dan perawat di Lembaga Kesehatan NU (LKNU).

Para relawan yang dikirim dari Jakarta berkolaborasi dengan relawan NU daerah yang sudah lebih awal terjun ke lapangan untuk membantu para korban.

Di sana, PBNU menyalurkan kebutuhan dasar untuk masyarakat yang ada di Kabupaten Majene. Ratusan masyarakat penyintas gempa tektonik itu pun akan dilakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis dari PBNU.

Romandhon MK

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

seventeen − 11 =