Sejarah IslamTokoh Muslim

Nasihat Gus Dur Bagi Orang Beragama

HIDAYATUNA.COM – KH Abdurrohman Wahid atau Gus Dur selama hidupnya banyak memberi wejangan atau nasihat yang berharga untuk umat manusia, khususnya beragama.

Gus Dur juga dikenal sebagai bapak pluralisme karena toleransinya yang tinggI kepada semua umat beragama selama menjabat sebagai presiden RI. Beliau juga kerap mencetuskan nasihat-nasihat, bakhan kata-kata yang identik.

Berikut beberapa nasihat Gus Dur yang diucapkan bagi orang beragama:

Jika Allah memudahkan bagimu mengerjakan sholat malam, maka janganlah memandang rendah orang-orang yang tidur.

Jika Allah memberi kekuatan kepadamu untuk berpuasa, maka janganlah memandang rendah orang-orang yang tidak berpuasa dengan tatapan menghinakan.

Jika Allah memudahkan bagimu untuk berjihad, maka janganlah kamu memandang rendah orang-orang yang tidak berjihad dengan pandangan meremehkan.

Jika Allah memudahkan dirimu dalam mengais rizqi, maka jangan memandang rendah orang-orang yang berhutang dan kurang rejekinya dengan pandangan yang mengejek dan mencela. Sebab harta benda adalah titipan Alloh yg suatu saat akan dipertanggungjawabkan.

Jika Allah memudahkan pemahaman agama bagimu, maka janganlah meremehkan orang-orang yang belum paham dengan pandangan hina.

Jika Allah memudahkan ilmu bagimu, maka janganlah kamu sombong dan bangga diri karena Allah-lah yg memberimu kemudahan itu.

Boleh jadi orang yg kelihatannya tidak mengerjakan qiyamul lail, tidak berpuasa, tidak berjihad, tidak kaya, tidak pandai dan tidak ‘alim, ternyata mereka lebih dekat dengan Allah dari pada dirimu.

Nasihat Gus Dur di atas menjadi pengingat bagi kita untuk selalu mengedepankan adab dan akhlak daripada ilmu. Sebab orang berilmu sejatinya tinggi adab dan akhlaknya.

Suka menulis hal-hal random yang dekat dengan dirinya.

Baca Juga :  KH Muhammad Thoha Ma’ruf, Deklalator NU di Sumatera
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close