Mutfi Kecam Kunjungan Mike Pence ke Masjid Ibrahimi

 Mutfi Kecam Kunjungan Mike Pence ke Masjid Ibrahimi

Masjid Ibrahimi Palestina (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Teheran – Mufti Yerusalem al-Quds mengutuk kunjungan mantan Wakil Presiden AS, Mike Pence baru-baru ini ke Masjid Ibrahimi di Tepi Barat yang diduduki. Dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis, Sheikh Mohammad Hussein menekankan bahwa “Masjid Ibrahimi adalah masjid Islam dan tempat ibadah bagi umat Islam saja.”

“Apa yang dilakukan wakil presiden AS adalah tindakan provokatif dan sangat berbahaya. Otoritas pendudukan menanggung konsekuensinya,” kata Mufti Yerusalem al-Quds, dikutip dari IQNA.

Mufti, yang merupakan otoritas agama Muslim tertinggi di Palestina, mengatakan rezim Israel mengizinkan orang Yahudi untuk berdoa di masjid Ibrahim. Masjid Ibrahim juga dikenal sebagai Gua Para Leluhur, setelah membaginya antara Muslim dan Yahudi.

Pasca pembantaian, di mana seorang anggota pemukim Yahudi gerakan teroris Kach Israel menembaki umat Islam yang melakukan salat subuh di masjid. Kejadian itu berlangsung pada 25 Februari 1994 yang menewaskan 29 orang dan melukai puluhan lainnya.

Pemerintah Israel, setelah pembantaian itu, menghukum para korban Palestina dan memberi penghargaan kepada para penjahat. Ketika membagi masjid dan mengizinkan orang-orang Yahudi untuk berdoa di daerah-daerah tertentu. Kadang-kadang membatasi akses umat Islam ke sana atau melarang panggilan untuk salat dari menaranya.

Sheikh Hussein menyerukan kepada dunia Arab dan Islam, serta Organisasi Kerjasama Islam, Liga Arab, dan UNESCO. Dengan mengeluarkan resolusi yang menetapkan Masjid Ibrahimi sebagai situs warisan dunia Palestina dalam bahaya pada Juli 2017.

Serta internasional organisasi untuk memberikan perlindungan ke tempat-tempat suci keagamaan di Palestina yang diduduki. Kemudian mencegah pengambilalihan Israel atas Masjid Ibrahimi dan mengubah karakter Islamnya.

 

Source: WAFA News Agency/IQNA

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

17 + 14 =