Cancel Preloader

Muslimah India Galang Dana Bantu Pembangunan Kuil Hindu

 Muslimah India Galang Dana Bantu Pembangunan Kuil Hindu

Ilustrasi/Hidayatuna

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Seorang muslimah asal India bernama Zahara Begum melakukan penggalangan dana. Untuk membantu saudara mereka dari agama Hindu yang sedang membangun kuil Hindu, Ram Ayodhya.

Penyelenggara Tahera Trust ini mengajak seluruh komunitas muslim yang ada di sana bahu membahu menyisihkan sedikit dana. Mereka hendak menyumbangkannya dalam pembangunan kuil Dewa Ram yang berada di Ayodhya.

“Semua komunitas, termasuk Muslim, akan mengumpulkan dana dan mendukung saudara saudari Hindu dalam mengorganisir Pooja untuk Vinayaka Chavithi, Dasara dan Ram Navami dengan menawarkan sumbangan,” kata Zahara Begum dikutip dari Deccan Chronicle, Kamis (21/1/2021).

Menurutnya kepedulian umat Islam ini sebagai bentuk rasa ‘Bhinneka Tunggal Ika’. Oleh karenanya, ia mengajak umat muslim untuk bermurah hati menyisihkan dana dalam pembangunan kuil Ram Ayodhya.

Untuk menyumbangkan uang lanjut dia bisa dilakukan melalui Nidhi Samarpana. Ia menjelaskan kegiatan ini dilakukan murni berangkat dari sukarela. Dia mengatakan bahwa Muslim dapat mulai menyumbang dari 10 rupe dan tidak membatasi jumlah nominalnya.

Dia ingat bahwa selama bertahun-tahun bekerja dengan desa-desa terpencil di India, dia memperhatikan bahwa di hampir semua desa, umat Hindu telah menyumbangkan tanah mereka untuk pembangunan masjid, idgah dan juga untuk kuburan bagi komunitas Muslim.

“Non-Muslim telah menyumbangkan sebagian besar tanah pertanian atas kemauan mereka untuk umat Islam,” jelasnya.

Zahara melanjutkan, “Kami diberkati berada di negara di mana Dewa Ram lahir. Dewa Ram telah mengajarkan ‘Dharma’ sebagai cara hidup dan berdiri sebagai teladan bagi seluruh dunia,” sambungnya.

Untuk itu, ia mengajak komunitas muslim berkumpul dan berpartisipasi dalam aktivitas amal ini dan membantu dalam pembangunan kuil Hindu Dewa Ram di Ayodhya dengan hati terbuka.

Romandhon MK

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 × four =