Cancel Preloader

Muslim Mengikuti Perayaan Natal?

 Muslim Mengikuti Perayaan Natal?

Ilustrasi/Hidayatuna

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Tiap kali menjelang perayaan Natal pasti muncul pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan ini. Misalnya bagaimana hukum mengikuti perayaan natal bagi seorang muslim?

Kiai Cholil Nafis menyampaikan hukum merayakan hari natal bagi seorang muslim adalah haram. Pendapat itu disandarkan pada fatwa MUI yang sudah dikeluarkan sejak 1981.

Fatwa MUI memutuskan bahwa meskipun seandainya tujuan perayaan Natal yang di ikuti oleh umat muslim memiliki tujuan merayakan dan menghormati Nabi Isa AS teaplah haram. Natal tidak dapat dipisahkan dari soal-soal yang dilarang.

Umat muslim juga diminta untuk hati-hati agar tidak terjerumus kepada syubhat dan larangan Allah Swt. Oleh karenanya dianjurkan untuk tidak mengikuti kegiatan-kegiatan Natal.

Berdasarkan fatwa itu Kiai Cholil menjelaskan bahwa Toleransi itu tak perlu ikutan tapi cukup memahami dan mempersilahkan agama lain merayakan agamanya tanpa kita mengganggunya.

Lebih lanjut lagi mengenai hal ini, beliau mengatakan jika Pancasila itu menempatkan agama berdiri sendiri dan bebas menjalankan ajaran agamanya.

Lantas bagaimana jika hanya mengucapkan selamat hari Natal tanpa ikut merayakannya. Apakah hukumnya sama saja diharamkan atau bagaimana?

Ulama berbeda pendapat mengenai boleh tidaknya mengucapkan selamat Natal. Kiai Cholil mengatakan jika mengucapkan selamat Natal untuk menghormati mereka dan nabi Isa boleh saja.

Selama niatan mengucapkan Natal itu untuk apresiasi pertemanan saja bukan meyakini seperti yang mereka yakini.

Apalagi dalam kasus-kasus tertentu misalnya seorang mualaf yang orang tuanya masih Nasrani, terntu saja diperbolehkan mengucap selamat Natal.

Lebihlanjut silahkan disimak Bagaimana Hukumnya Mengucapkan Selamat Natal Bagi Seorang Muslim?

Bagaimana Hukumnya Mengucapkan Selamat Natal Bagi Seorang Muslim?

Dawamun Niam Alfatawi

Dawamun Niam Alfatawi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

four × 4 =