Muslim di Orange County Tetap Rayakan Idul Adha di Tengah Pandemi, Begini Caranya

 Muslim di Orange County Tetap Rayakan Idul Adha di Tengah Pandemi, Begini Caranya

Muslim di Orange County Tetap Rayakan Idul Adha di Tengah Pandemi, Begini Caranya

HIDAYATUNA.COM – Virus Corona (Covid-19) tidak menghentikan perayaan Idul Adha yang akan dilaksanakan umat Muslim di Orange County. Akan tetapi mereka akan menyesuaikan bagaimana perayaan tersebut dapat tetap dilangsungkan dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Sebagaimana umat Muslim di seluruh dunia, Idul Adha akan dirayakan pada hari ketiga pelaksanaan ibadah haji di Mekah. Tahun ini Idul Adha jatuh pada tanggal 31 Juli 2020 atau lebih tepatnya dimulai pada 30 Juli malam.

Dilansir dari VOICE of OC , umat Islam Orange County, biasanya merayakan Idul Adha dengan mengenakan pakaian dan riasan terbaik lalu pergi ke masjid di pagi hari untuk melaksanakan shalat Idul Adha bersama masyarakat. Ketika shalat usai, anggota umat muslim biasanya akan tetap berkumpul dan menghabiskan waktu di masjid. Anak-anak menerima hadiah dan mendapatkan uang.

Tetapi Covid-19 telah menjadi duri dimana perayaan dan perkumpulan masa dilarang. Bahkan perjalanan ibadah Haji umat muslim dari seluruh dunia dibatalkan dan ibadah haji tahun ini dilaksanakan dengan pembatasan ketat dan peserta yang jauh dari jumlah biasanya.

Sebelumnya, perayaan hari raya umat Islam yang juga menjadi salah satu perayaan terbesar yang terjadi di Orange County dirayakan dengan karnaval Uplift Charity, yang menawarkan makanan dan mainan gratis, permainan, tato pacar dan kebun binatang, serta pemeriksaan kesehatan gratis dan kelas kesehatan gigi.

Namun dalam perayaan Idul Adha kali ini panitia perayaan akan mendistribusikan paket hari raya yang terdiri dari daging dan beberapa perlengkapan kesehatan lainnya dan membagikannya ke pada masyarakat.
“Sayangnya kami tidak akan melakukan hal yang sama seperti biasanya. Kami akan memiliki distribusi daging, ransel, beberapa barang higienis yang mencakup pembersih tangan dan masker wajah dan beberapa makanan manis, “kata Ahmed Almukhtar, direktur operasi Uplift Charity.

“Mereka akan dilayani saat mereka berada di mobil mereka.”

Selama Idul Adha, badan amal di Orange County akan menyumbangkan ribuan pon daging untuk orang-orang yang membutuhkan di masyarakat. Kali ini daging kurban akan dikemas, disegel dan dibekukan.

Tahun ini sebanyak 4.500 pound daging dalam kemasan 5 hingga 10 pound, akan dibagikan kepada masyarakat berdasarkan pada ukuran keluarga.

Owaiz Dadabhoy, presiden Uplift Charity dan ketua Dewan Syura Islam California Selatan, sebuah organisasi payung untuk masjid dan organisasi Muslim di wilayah tersebut mengatakan bahwa Masjid di Orange County juga dikabarkan akan mengadakan khutbah dan peribadatan virtual pada Idul Adha.

“Dewan Syura juga melakukan program virtual. Beberapa dari mereka mungkin beribadah di luar (rumah) dan Anda tahu, mereka akan berdoa, mengatur jarak, masker, dan semua hal baik itu, “kata Dadabhoy.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 × 4 =