Muslim Afrika Selatan Puji Langkah Turki Terkait Hagia Sophia

 Muslim Afrika Selatan Puji Langkah Turki Terkait Hagia Sophia

Muslim Afrika Selatan Puji Langkah Turki Terkait Hagia Sophia

HIDAYATUNA.COM – Meski keputusan pengalihfungsian Hagia Sophia dari museum untuk kembali menjadi masjid memang banyak menuai pertentangan dari berbagai kalangan dan negara di dunia.

Namun dukungan terkait mengembalikan situs tersebut sebagai masjid juga banyak menuai dukungan. Diantaranya dari Muslim Afrika Selatan

“Dewan Yudisial Muslim (Afrika Selatan) bahwa Hagia Sophia dibuka untuk beribadah sebagai masjid,” kata Syaikh Irfaan Abrahams, kepala Organisasi Muslim Berbasis di Afrika Selatan, dilandir dari Anadolu Agency, Senin (14/7/20).

Abrahams juga mengucapkan selamat kepada Turki dan Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan atas keputusan tersebut. Ia juga menyebut hal tersebut sebagai “titik balik bersejarah.”

Dewan Yudisial tersebut juga merilis sebuah pernyataan yang menyatakan dukungan mereka untuk keputusan Turki dan pentingya hal tersebut bagi umat Islam.

Di Afrika Selatan Muslim membentuk sekitar 2% dari populasi keseluruhannya 57 juta.

Dewan Yudisial Muslim, didirikan pada 1945, dikenal sebagai salah satu kelompok Muslim paling penting di negara itu.

Sebelumnya pengadilan Turki membatalkan dekrit Kabinet 1934 yang telah mengubah Hagia Sophia menjadi museum pada 11 Juli 2020 lalu. Hal tersebut kemudian membuka jalan untuk digunakan kembali sebagai masjid setelah jeda 85 tahun.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

three × three =