MUI Tentang Ajang Miss Queen Diadakan di Indonesia

 MUI Tentang Ajang Miss Queen Diadakan di Indonesia

Ketua Bidang Pengkajian dan Pengembangan MUI Prof Utang Ranuwijaya (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Baru baru ini ajang  Miss Queen yang merupakan ajang kontes para transgender di gelar di Indonesia. Menanggapi hal itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengaku menentang ajang tersebut.

Menurut MUI ajang Miss Queen tidak sepantasnya diadakan di Indonesia. Menurutnya hal bertentangan dengan Indonesia sebagai negara Pancasila yang menunjung tinggi agama.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Bidang Pengkajian dan Pengembangan MUI Prof Utang Ranuwijaya. Ia berpandangan ajang untuk para transgender itu mestinya tidak boleh diadakan di Indonesia.

“Ajang-ajang seperti Miss Queen transgender mestinya tidak boleh diadakan di Indonesia,” kata Prof Utang Ranuwijaya dilansir dari Republika, Senin (4/10/2021).

Ia menjelaskan bahwa MUI melalui Munas ke-8 tahun 2010 telah mengeluarkan fatwa tentang transgender. Dalam fatwa tersebut disebutkan kalau mengganti jenis kelamin (transgender) hukumnya haram.

“Termasuk pihak yang membantu melakukan ganti kelamin itu,” jelasnya.

Dirinya mengatakan beda halnya dengan penyempurnaan jenis kelamin yang disebut dengan khuntsa. Operasi penyempurnaan jenis kelamin ke arah yang lebih dominan diperbolehkan.

“Segala bentuk kegiatan yang dengan sengaja ingin mempertontonkan kegiatan transgender ke publik adalah tidak baik atau bahkan bisa disebut perilaku buruk,” ungkapnya.

Utang menambahkan melakukan transgender itu sendiri dilarang oleh agama baik laki-laki menjadi perempuan atau perempuan menjadi laki-laki. Dalam ajaran Islam, sekadar mencabut bulu uban atau bulu alis saja ada aturannya apalagi mengubah jenis kelamin.

Selain itu perilaku seseorang yang seperti ini menunjukan bahwa dia mengalami kelainan kejiwaan yang mestinya diobati bukan dilombakan atau dipertontonkan di depan publik. “Atas dasar tersebut maka perbuatan transgender adalah aib bukan prestasi,” jelasnya.

Sebelumnya diketahui, Keponakan Ashanty, Millen Cyrus berhasil menjadi juara satu Miss Queen Indonesia 2021. Ajang tersebut merupakan kontes untuk para transgender.

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *