Kabar Nasional

MUI Nilai Positif Tes Narkoba Pada Calon Manten 2020

HIDAYATUNA.COM, Tulungagung – Ketua MUI Tulungagung, KH Muhammad Hadi Mahfuzd atau Gus Hadi menilai wacana tes narkoba bagi calon manten yang akan melangsunhkan nikah di tahun 2020 sebagai hal yang positif. Bahkan pihaknya mengaku mendukung penuh langkah tersebut.

“Tes narkoba perlu dilakukan untuk siapa saja dalam rangka pemberantasan/meminimalisir peredaran narkoba,” kata gus Hadi dikuti Ahad (12/1/2020).

Bagi MUI, melakukan tes narkoba bagi calon mempelai itu merupakan hal yang positif, namun jika hanya tes di awal atau syarat nikah tanpa tindak lanjut untuk pembinaan bagi yang positif memakai narkoba maka hal itu kurang tepat.

“Calon manten dites narkoba itu bagus, tapi itu hanya merupakan sekedar langkah deteksi awal. Yang jauh lebih penting adalah langkah langkah pembinaan lanjutan,” jelasnya.

Selain itu, pihak Kantor Urusan Agama sebagai penyelenggara nikah harus menyiapkan teknis pelaksanaan nikah harus menyiapkan dengan matang aturan dan dokumen lain dalam penambahan kewajiban tes narkoba bagi mempelai atau calon manten.

“Untuk itu, perlu ada kesepakatan lebih dulu sebelumya, Form kesepakatan dan narasi rumusanya sharusnya disediakan oleh KUA,” jelasnya.

Baca Juga :  Perayaan Tahun Baru Berlebihan Bisa Mengundang Kemudharatan
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close