MQKN 2023 Digelar, Total Hadiah Tembus Rp2,7 M

 MQKN 2023 Digelar, Total Hadiah Tembus Rp2,7 M

Mengenal Adab Membaca al-Qur’an Berdasarkan Terjemahan Majmu Syarif (Ilustrasi/Hidayatuna)

HIDAYATUNA.COM, Jakarta – Gelaran Musabaqah Qira’atil Kutub Nasional (MQKN) ke-7 tahun 2023 resmi dibuka pada Selasa, 11 Juli 2023 di Pondok Pesantren Sunan Drajat, Lamongan.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) M. Ali Ramdhani mengatakan total hadiah pada gelaran MQKN 2023 mencapai Rp2,7 M.

“Para pemenang MQKN 2023, yakni juara I, II, III dan harapan I, II, III pada masing-masing cabang lomba akan diberikan medali, piagam penghargaan, dan uang pembinaan dengan total hadiah mencapai Rp2,7 miliar,” kata Dhani dalam siaran pers Kemenag dikutip Rabu (12/7/2023).

Ia menambahkan, MQKN 2023 merupakan salah satu perantara dalam menjawab berbagai tantangan peradaban yang semakin cepat.

“Sesuai tema MQKN 2023, yakni Rekontekstualisasi Turats untuk Peradaban dan Kerukunan Indonesia’, acara ini diharapkan menjadi momentum para santri untuk merawat NKRI melalui pemahaman kitab-kitab yang diajarkan oleh para pendahulu,” jelasnya.

Selain itu, kegiatan MQKN 2023 juga diharapkan mampu memotivasi dan meningkatkan kemampuan santri dalam melakukan kajian dan pendalaman ilmu-ilmu agama Islam yang bersumber dari kitab kuning.

Dalam pembukaan MQKN 2023, Ramdhani juga mengukuhkan 94 dewan hakim dan 35 panitera yang akan menjadi juri dan mengawal lomba.

“Saya mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung penyelenggaraan MQKN, Halaqah Ulama Nasional dan Kemandirian Pesantren Expo, utamanya Kiai Ghofur dan keluarga besar Pesantren Sunan Drajat yang berkenan menerima dengan sambutan yang luar biasa. Terimakasih Kiai,” tandasnya. []

Romandhon MK

Peminat Sejarah Pengelola @podcasttanyasejarah

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *