Modal Sukses Pengusaha Ini Ada di Diri Seorang Santri

 Modal Sukses Pengusaha Ini Ada di Diri Seorang Santri

Santri Berwirausaha (Ilustrasi/Hidayatuna)

Digiqole ad

HIDAYATUNA.COM – Islam telah mencontohkan tentang cara meraih sukses, salah satunya ialah dengan menjadi pengusaha yakni dengan berdagang. Sebagaimana sebaik-baik contoh ialah Nabi Muhammad Saw.

Cara ini ampuh dan tidak perlu sekolah khusus, bahkan orang-orang yang tidak sempat mengenyam pendidikan pun bisa berhasil sebagai pengusaha. Selama memiliki kemampuan dan kemauan yang kuat, bukan tidak mungkin kesuksesan bisa segera dicapai.

1. Jujur dan Amanah

Apalagi santri, yang jelas-jelas sudah memiliki bekal agama yang kuat, semestinya bisa dikolaborasikan dalam berdagang. Sebagaimana meneladani sifat Nabi Saw, para santri bahkan bisa menyusul kesuksesan Rasulullah sebagai pengusaha karena dikenal sebagai sosok yang jujur dan bisa dipercaya.

Dengan modal itu, santri bisa lebih leluasa mengembangkan dirinya di dunia wirausaha dengan tetap mengamalkan ilmu sewaktu di pesantren. Sebab, seorang santri tidak boleh hanya mempelajari satu ilmu saja, misalnya ilmu akhirat.

2. Cerdas

Santri juga harus cakap berbisnis atau mempelajari ilmu duniawi karena itulah modal bertahan hidup. Adapun ketika sukses nanti, apa yang santri dapatkan juga bisa bermanfaat bagi umat. Bukan hanya bersedekah saja, lebih daripada itu santri juga bisa menyediakan lapangan kerja untuk orang lain.

Ketika masih ditempah di pesantren, santri akan disibukkan dengan ilmu akhirat dan ilmu dunia. Setelah tamat pesantren tinggal menyusun rencana suksesnya saja sehingga kehidupan bisa seimbang antara dunia dan akhirat.

Bagaimana tidak sukses, jika selama di pesantren diajarkan cara berpidato atau ceramah. Modal ini bisa dibawa ketika santri mulai berbisnis untuk menjaring lebih banyak pelanggan atau kolega.

3. Prihatin

Modal lain yang harus dimiliki seseorang yang ingin sukses sebagai pengusaha ialah prihatin kepada orangtua. Hal ini umumnya sudah dimiliki para santri karena sejak usia dini atau remaja mereka telah terbiasa jauh dari keluarga dan bahkan harus memanagemen pengeluaran sendiri.

Dengan modal itu bukan tidak mungkin, santri yang telah memiliki kemantapan iman dan kemauan untuk maju bisa benar-benar sukses. Apalagi kita tahu bahwa doa orangtua sangat mudah diijabah Allah SWT.

Itulah modal sukses yang telah dimiliki seorang santri. Semoga dengan modal tersebut bisa lebih memacu optimisme santri dalam mengembangkan diri sebagai pengusaha.

Redaksi

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

thirteen + 17 =